HUT Kemerdekaan RI

Mahfud MD: Negara Ini Sudah Final

Akhir-akhir ini muncul gerakan radikalisme yang bisa mengancam kesatuan Republik Indonesia.

Mahfud MD: Negara Ini Sudah Final
Tribun Jogja/Kurniatul Hidayah
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Momentum peringatan Hari Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia dinilai sebagai waktu yang tepat untuk mencuci bersih pikiran-pikiran untuk membangun negara yang sifatnya disintegratif dengan cita-cita bangsa ini.

Hal tersebut disuarakan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD, seusai mengikuti upacara peringatan kemerdekaan di Istana Negara Yogyakarta, Kamis (17/8/2017).

"Artinya negara ini sudah final. Kita bisa dengarkan tadi seluruh pemeluk agama apapun terlihat mendengarkan kisah perjuangan dan ekspresi dari lagu-lagu wajib itu, sehingga diharapkan jangan lagi berfikir negara selain Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujarnya.

Ketua Parampara Praja tersebut mengungkapkan, akhir-akhir ini muncul gerakan radikalisme yang bisa mengancam kesatuan Republik Indonesia.

"Misalnya ingin mengganti bentuk negara, sistem pemerintahan. Itu sangat berbahaya," tegasnya.

Melalui peringatan kemerdekaan ini, lanjutnya, bisa menguatkan kembali kenangan terhadap perjuangan berat pendahulu untuk mewujudkan visi kebersatuan.

"Kalau mau menawarkan sistem lain, itu sungguh sangat berbahaya dan bertentangan dengan kesepakatan awal. Saya rasa itu yang harus kita tegaskan kepada diri kita bahwa kita ini hidup di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila," pungkas Mahfud. (tribunjogja.com)

Penulis: kur
Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved