Pagar Sekolah Ambrol, Bangunan SMPN 2 Prambanan Terancam Abrasi

Timbul yang saat itu berada di sebuah bangunan di lingkungan sekolah yang digunakannya sebagai warung pos jaga, tiba-tiba mendengar suara gemuruh.

Pagar Sekolah Ambrol, Bangunan SMPN 2 Prambanan Terancam Abrasi
tribunjogja/angga purnama
Petugas TRC BPBD Kabupaten Klaten memeriksa kondisi pagar SMPN 2 Prambanan yang ambrol, Rabu (12/10). Ambrolnya pagar tersebut diduga karena abrasi dari sungai Pereng, 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN – Pagar setinggi tiga meter di belakang SMPN 2 Prambanan ambrol setelah diterjang arus deras sungai Pereng. Kondisi tersebut diduga lantaran abrasi yang terjadi pada bagian pondasi pagar yang berada di tepi sungai.

Informasi yang didapat Tribun Jogja, ambrolnya pagar belakang sepanjang 20 meter itu terjadi pada Sabtu (8/10/2016) sore. Kejadian tersebut pertama kali diketahui oleh penjaga sekolah, Timbul.

Saat kejadian, kondisi cuaca sedang hujan deras. Hal tersebut membuat arus sungai Pereng menjadi deras.

Kontur berupa tanah miring yang ditempati sekolah, membuat air hujan di halaman sekolah mengalir turun dan berkumpul di bagian belakang sekolah yang dibatasi pagar bata.

Sekitar pukul 15.00 WIB, hujan semakin deras dan arus sungai di belakang sekolah kian deras.

Timbul yang saat itu berada di sebuah bangunan di lingkungan sekolah yang digunakannya sebagai warung pos jaga, tiba-tiba mendengar suara gemuruh di timur warungnya.

Setelah diperiksa ternyata pagar sekolah ambrol hingga tersisa bagian pondasi yang sebagian rusak.

“Pagar dikepung air dari sungai dan halaman sekolah, karena tidak kuat hingga akhirnya ambrol,” katanya saat ditemui Rabu (12/10/2016).

Menurutnya peristiwa ambrolnya pagar tersebut bukan kali pertama. Sebelumnya sisi tengah pagar belakang dengan panjang mencapai 100 meter itu juga ambrol pada Mei 2015. Kejadian tersebut kembali terulang, giliran pagar di sisi barat yang ambrol pada Mei 2016.

“Baru beberapa bulan, pagar yang timur ikut ambrol. Sehingga bagian belakang sekolah sudah tidak ada pagar lagi,” paparnya.

Halaman
123
Penulis: ang
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved