REALTIME NEWS: BPJS Kesehatan Mulai Berlakuan Satu Virtual Account

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memberlakukan peraturan baru terkait pembayaran iuran

REALTIME NEWS: BPJS Kesehatan Mulai Berlakuan Satu Virtual Account
BPJS
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial 

Laporan Reporter Tribun Jogja Padhang Pranoto

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memberlakukan peraturan baru terkait pembayaran iuran, melalui sistem satu Virtual Account (VA) untuk sekeluarga, per 1 September 2016.

Dengan sistem tersebut peserta JKN-KIS kategori Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP) atau mandiri membayarkan iurannya secara kolektif untuk seluruh anggota keluarga atau peserta yang terdaftar pada Kartu Keluarga (KK).

Hal tersebut dijelaskan Kepala Divisi Regional VI Jateng-DIY Dr Aris Jatmiko, saat memberikan keterangan kepada awak media di kantor cabang utama (KCU) BPJS Kesehatan DI Yogyakarta, Kamis (8/9/2016).

Menurutnya, dengan sistem ini, pembayaran bersifat akumulatif atas seluruh total tagihan iuran keluarganya.

"Pada dasarnya perubahan sistem pembayaran peserta JKN-KIS mandiri adalah untuk mempermudah masyarakat dalam proses pembayaran iuran dan memastikan bahwa iuran anggota keluarganya tidak ada yang terlewat dibayarkan. Sehingga kepesertaan dan penjaminan kesehatan keluarga tercinta dapat aktif dan terjamin oleh BPJS Kesehatan," kata Aris.

Ia melanjutkan, dengan sistem itu peserta tidak harus mencatat dan menunjukan seluruh nomor peserta keluarganya ketika mendaftar.

Selain itu peserta juga akan lebih hemat jika membayar iuran di outlet PPOB yang telah menerima sistem pembayaran iuran BPJS Kesehatan.

Hal itu karena biaya administrasi hanya dikenakan satu kali.

Sebelum sistem ini berlaku, peserta membayarkan iuran kepesertaannya secara individual, meskipun tercatat dalam satu keluarga.

Dengan sistem baru, maka masing-masing tagihan peserta akan digabungkan sebagaimana yang terdaftar pada kartu keluarga (KK).

Sementara itu, Kepala KCU DI Yogyakarta Upik Handayani mengimbau masyarakat tak perlu khawatir terkait pemberlakuan peraturan baru itu.

"Kalau semula satu Virtual Account (VA) dibayarkan per satu jiwa, per orang. Sekarang untuk kemudahan sistem, VA dijadikan satu, untuk sekeluarga. Jadi tidak perlu khawatir Silakan dibayarkan sesuai tagihan," ucap Upik.

Ia mengatakan jika ada pertanyaan, silakan menghubungi care center di 1500400 atau hotline service 08156579780. (tribunjogja.com)

Penulis: pdg
Editor: Ikrob Didik Irawan
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved