Inilah Simulator Canggih Milik PT KAI untuk Menguji Calon Masinis

Alat yang berfungsi layaknya kabin lokomotif ini didatangkan dari Perancis dan memiliki fasilitas untuk menguji kecakapan masinis mengendarai lokomoti

Inilah Simulator Canggih Milik PT KAI untuk Menguji Calon Masinis
Tribun Jogja / Rento Ari Nugroho
Balai Pelatihan Teknik Traksi (BPTT) Darman Prasetyo Yogyakarta. Di tempat ini bisa dijumpai alat canggih untuk menguji para calon masinis. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rento Ari Nugroho

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dalam mengembangkan sumberdaya manusia yang dimilikinya, PT Kereta Api Indonesia memiliki sejumlah sarana penunjang.

Satu di antaranya adalah Balai Pelatihan Teknik Traksi (BPTT) Darman Prasetyo Yogyakarta. Di tempat ini bisa dijumpai alat canggih untuk menguji para calon masinis.

Satu contohnya adalah Simulator Lokomotif CC206 yang menjadi bagian dari BPTT Darman Prasetyo.

Alat yang berfungsi layaknya kabin lokomotif ini didatangkan dari Perancis dan memiliki fasilitas untuk menguji kecakapan masinis mengendarai lokomotif.

GM BPTT Darman Prasetyo, Heri Sudarmawan Trimukti mengatakan, pihaknya memiliki dua alat simulator. Yang pertama adalah Simulator Lokomotif CC201 yang didatangkan pada 2010.

"Sedangkan yang terbaru adalah simulator loko CC206 yang dipasang pada 2015 lalu. Alat ini menampilkan kondisi sesungguhnya yang harus dihadapi masinis misalnya situasi hujan, gangguan sinyal, hingga simulasi ada kendaraan di lintasan. Kepekaan masinis diuji di sini," jelas Heri di sela kunjungan ratusan pecinta KA ke BPTT Darman Prasetyo , Minggu (20/3/2016).

Dalam kunjungan tersebut para pecinta KS juga merasakan sendiri bagaimana situasi yang dihadapi masinis di dalam kabin lokomotif. Semuanya itu melalui alat simulator tersebut. (tribunjogja.com)

Penulis: toa
Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved