Breaking News:

Pemkab Kulonprogo Tentukan 4 Jalur Utama ke Bandara Baru

Dalam mempermudah akses menuju bandara baru di Kulonprogo, sejumlah pihak menyiapkan jalur khusus.

jogjainvest.jogjaprov.go.id
Masterplan bandara baru Yogyakarta di Kulon Progo. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, M. Resy Firmansyah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dalam mempermudah akses menuju bandara baru di Kulonprogo, sejumlah pihak menyiapkan jalur khusus. Baik dari Pemkab Kulonprogo hingga perusahaan jasa transportasi seperti Trans Jogja.

Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo mengatakan, pihaknya telah menentukan empat jalur utama menuju bandara.

Mulai dari Yogya ke Karangnongko Wates yang merupakan jalan nasional, Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS), Jalan Daendels dan dengan menggunakan kereta api.

“Jadi (bandara) bisa diakses dengan melalui Jalan Daendels, JJLS, lewat jalan nasional dan kemudian menggunakan kereta api. Jalan Daendels itu akhirnya nanti lewat dibawahnya terminal airport,” jelas Hasto, sapaan akrabnya kepada awak media, kemarin.

Dia menjelaskan, saat ini ke empat jalur utama ke bandara tersebut tengah digarap. Dengan rincian untuk JJLS, sekarang telah dimulai.

Sedang Jalan Daendels, kini juga tengah diperlebar. Sementara untuk jalan nasional di beberapa titik yang tanahnya luas tengah dibagi dua jalur.

“Semua jalan nasional kan akan dibuat enam jalur. Sekarang ini jalan nasional yang beberapa titik tanahnya sudah lebar dibagi dua,” imbuhnya.

Hasto pun mengungkapkan, rancangan infrastruktur bandara yang ditetapkan di awal tak jauh berbeda dengan sekarang.

Hanya saja untuk jalur kereta api nantinya harus dipilah antara kereta untuk barang dan penumpang. Pun akses menuju bandara harus underpass.

Halaman
12
Penulis: mrf
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved