Breaking News:

Jalur KA antara Pelabuhan Cilacap ke Stasiun Siap Dibenahi

PT Kereta api Indonesia (Persero) Daop V Purwokerto akan segera membenahi jalur KA antara stasiun Cilacap- Cilacap Pelabuhan

Kompas.com
Ilustrasi kereta api 

laporan Reporter Tribun Jogja, Rento Ari Nugroho

TRIBUNJOGJA.COM, PURWOKERTO - Untuk menyongsong kebijakan transportasi intermoda, PT Kereta api Indonesia (Persero) Daop V Purwokerto akan segera membenahi jalur KA antara stasiun Cilacap- Cilacap Pelabuhan. Pembenahan perlu dilakukan untuk peningkatan angkutan barang dari dan ke Pelabuhan Cilacap melalui angkutan kereta api (KA).

Corporate Communication Manager PT KAi Daop V Purwokerto, Surono mengatakan, pihaknya akan membenahi secara bertahap dengan jalur rel ke Pelabuhan yang masih aktif. Saat ini jalur rel dari stasiun CIlacap ke Cilacap Pelabuhan yang masih aktif sepanjang 3,6 kilometer. Jalur ini setiap hari dipergunakan untuk angkutan BBM avtur dari Depot Pertamina CIlacap dan dikirim ke Rewulu.

"Jalur rel ini masih menggunakan jenis rel R 33 (berat rel 33 kilogram permeternya) serta bantalan besi. Rel jenis ini relatif kecil jika dibandingkan dengan rel jenis R 54 (1 meter beratnya 54 kilogram) yang saat ini dipakai di lintas raya," jelasnya dalam siaran persnya, Jumat (30/1/2015).

Lokomotif kecil

Surono melanjutkan, dengan kondisi saat ini, angkutan BBM avtur dari Cilacap Pelabuhan ke stasiun Cilacap harus dilayani dengan lokomotif jenis D 301 yang juga relatif kecil. Lokomotif jenis Diesel Hidrolik ini maksimal hanya mampu menarik lima gerbong BBM. Padahal volume angkutan BBM aftur ini sampai 20 gerbong sekali pengisian di Depot Pertamina.

Akibatnya langsiran KA BBM dari dan ke Cilacap Pelabuhan harus dilakukan wira- wiri sampai delapan kali sehari. Empat kali memasukan gerbong ketel kosongan dan empat kali menarik gerbong ketel yang sudah diisi, masing- masing menarik lima gerbong ketel.

"Target kami untuk peningkatan angkutan jalur rel ke Cilacap Pelabuhan harus segera bisa dilalui lokomotif besar jenis CC 201," imbuh Surono.

Untuk keperluan ini PT KAI Daop V akan segera melakukan peningkatan kualitas track ke Cilacap Pelabuhan agar bisa dilalui lokomotif besar jenis CC 201. Peningkatan kualitas jalur ke Cilacap Pelabuhan ini meliputi penggantian rel dengan yang lebih besar di perlintasan- perlintasan, peninggian track, perbaikan geometri jalur rel, serta penggantian wesel. Jenis rel yang masih kecil dan beban kendaraan berat di perlintasan- perlintasan area pelabuhan menyebabkan rel ambles rata dengan tanah.

"Kami akan ganti rel di perlintasan- perlintasan tersebut dengan jenis R 42 yang lebih besar dan kokoh serta melakukan peninggian jalur rel. Penggantian rel di perlintasan serta peninggian dan perbaikan geometri track mutlak diperlukan agar jalur rel ke Cilacap Pelabuhan aman dilalui lokomotif besar," papar Surono.

Halaman
12
Penulis: Rento Ari Nugroho
Editor: Muhammad Fatoni
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved