Kota Yogyakarta

Petugas Medis Banyak Menemukan Petugas Rekapitulasi yang Kelelahan dan Pusing

Ia mengatakan, bahwa sebenarnya tim medis sudah mulai mengawal jalannya rekapitulasi sejak awal.

Petugas Medis Banyak Menemukan Petugas Rekapitulasi yang Kelelahan dan Pusing
istimewa
Tim medis dari Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta saat memeriksa kesehatan petugas terkait rekapitulasi suara Pemilu 2019 di kecamatan 

Laporan Reporter Tribun Jogja Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta menurunkan tim medis di seluruh Kecamatan di Kota Yogyakarta selama masa rekapitulasi suara Pemilu 2019 berlangsung.

Hal ini menyusul adanya Surat Edaran Menteri Kesehatan Republik Indonesia serta data dari KPU RI mengenai banyaknya jumlah petugas yang terlibat pada Pemilu 2019 yang kelelahan hingga meninggal dunia.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Agus Sudrajat menjelaakan bahwa keberadaan tim medis di setiap kecamatan ini untuk memastikan kondisi kesehatan mereka.

Dari hasil pemeriksaan kesehatan yang ada saat ini, tampak bahwa muncul gejala kelelahan seperti pusing, nyeri tegang, hingga tekanan darah tinggi.

Pengidap HIV/Aids di DIY Cukup Tinggi, Dinas Kesehatan Waspadai Penularan Terhadap Ibu Rumah Tangga

"Itu tidak hanya petugas rekapitulasi, tapi juga Polisi, TNI, Linmas yang juga ikut mengamankan proses rekapitulasi kami periksa. Meski tidak mengeluhkan sakit, kami cek tanda vital. Hasilnya baru gejala-gejala mulai dari tekanan darah tinggi hingga pusing," bebernya, Rabu (24/4/2019).

Agus menambahkan, penanganan untuk petugas yang teridentifikasi menderita tekanan darah tinggi, akan diminta beristirahat sembari meminum obat yang telah disediakan tim medis di kecamatan.

"Kami ada PSC YES 119 yang akan segera datang ketika ada kondisi darurat. Misalkan saja pingsan. Lalu juga sudah menyiagakan 2 rumah sakit pemerintah yakni RS Jogja dan RS Pratama untuk siap menerima rujukan. Namun sejauh ini belum ada yang dirujuk dan sudah bisa diatasi," ujar Agus.

Mujiyono, Petugas KPPS di Bantul Gugur Karena Kelelahan

Ia mengatakan, bahwa sebenarnya tim medis sudah mulai mengawal jalannya rekapitulasi sejak awal.

Namun dengan perkembangan terbaru mengenai kondisi kesehatan petugas rekapitulasi yang ada di berbagai daerah yang mengkhawatirkan, maka upaya pencegahan dan penanganan di Kota Yogyakarta dilakukan secara serentak.

Halaman
12
Penulis: kur
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved