Pendidikan

USBN SD/MI dan UNBK SMP/MTs Dilaksanakan Secara Bersamaan

Hal ini agar sekolah bisa sesegera mungkin mendapat hasil USBN sehingga bisa digunakan dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

USBN SD/MI dan UNBK SMP/MTs Dilaksanakan Secara Bersamaan
TRIBUNJOGJA.COM / Noristera Pawestri
Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga (Disdikpora) DIY, Kadarmanta Baskara Aji saat melepas armada pengangkut naskah soal USBN SD/MI 

Laporan Reporter Tribun Jogja Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tingkat SD/MI di DIY akan diselenggarakan bersamaan dengan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP/MTs.

Pelaksanaan USBN tingkat SD/MI di DIY akan diselenggarakan pada 22-24 April 2019, sedangkan pelaksanaan UNBK tingkat SMP/MTs akan digelar pada 22-25 April 2019.

Adapun mata pelajaran yang diujikan dalam USBN SD/MI meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA.

Sedangkan mata pelajaran yang diujikan untuk tingkat SMP yakni Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, IPA.

Disdikpora DIY Lepas 8 Armada Pengangkut Naskah Soal USBN Tingkat SD/MI

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga (Disdikpora) DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengatakan, Disdikpora DIY sengaja mempercepat jadwal pelaksanaan USBN tingkat SD/MI.

Hal ini agar sekolah bisa sesegera mungkin mendapat hasil USBN sehingga bisa digunakan dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

"Waktu pelaksanaan ujian bersamaan dengan ketentuan jadwal di daerah kemarin kita sengaja penyelenggaraan ujian SMP kita barengkan, karena SD punya target untuk kita keluarkan hasil USBN sebagai dasar PPDB," ujar dia pada Sabtu (20/4/2019).

Jadwal dan Link Download Kisi-kisi USBN Lengkap dari SD, SMP hingga SMA/SMK

Ia melanjutkan, hasil USBN tetap akan dipergunakan untuk proses seleksi PPDB.

Walaupun menggunakan sistem zonasi, akan tetapi apabila dalam satu zonasi tersebut jumlah peserta didik melebihi daya tampung, tentu seleksi akan menggunakan nilai USBN.

"Saya harap para siswa walaupun PPDB juga sudah menggunakan zonasi, tetapi (nilai USBN) akan menentukan seberapa jauh daya serap anak dibandingkan dengan propinsi lain," jelasnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved