Kota Yogyakarta

Lapas Wirogunan Kota Yogyakarta Lakukan Simulasi Pemungutan Suara

Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Wirogunan Kota Yogyakarta melakukan simulasi pemungutan suara TPS di Aula Lapas Wirogunan, Kamis (11/4/2019).

Lapas Wirogunan Kota Yogyakarta Lakukan Simulasi Pemungutan Suara
TRIBUNJOGJA.COM / HASAN SAKRI
SIMULASI PENCOBLOSAN DI LAPAS. Warga binaan Lembaga Pemasyarakatan kelas 2A Wirogunan mengikuti simulais pencoblosan Pemilu di aula Lapas Kelas 2A Wirogunan, Kota Yogyakarta, Kamis (11/4/2019). Simulasi yang diadakan oleh PPK Kecamatan Pakualaman tersbeut untuk memberikan informasi tata cara pelaksanaan Pemilu terhadap pemilih yang sedang menjadi warga binaan. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Wirogunan Kota Yogyakarta melakukan simulasi pemungutan suara TPS di Aula Lapas Wirogunan, Kamis (11/4/2019).

Simulasi ini merupakan kerjasama antara Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) Pakualaman bersama Lapas II A Wirogunan Kota Yogyakarta.

Aryanto Subekti, Divisi Sosialisasi PPK Pakualaman menyebut simulasi ini menjadi langkah untuk meminimalisir kesalahan dan kekeliruan saat hari H pemungutan suara yang dilakukan oleh warga binaan.

Baca: KPU Sleman Gelar Simulasi Pencoblosan Surat Suara di Kaliurang Pagi Ini

"Kita ingin warga binaan tahu caranya mulai dari masuk, mengambil surat suara, ke bilik, mencoblos, memasukkan ke kotak suara hingga mencelupkan jarinya ke tinta sebagai tanda telah mencoblos dan keluar," katanya kepada wartawan di lokasi.

Dari simulasi ini, Aryanto mengatakan sebisa mungkin dibuat mirip saat hari pemungutan sehingga warga binaan yang akan menggunakan hak pilihnya tidak kebingungan.

Meski saat ini masih menggunakan bilik ala kadarnya, namun Aryanto memastikan hal ini tak mengurangi pemahaman warga binaan dalam mencoblos besok.

Baca: KPU Lakukan Simulasi Pengiriman Logistik Pemilu di Gunungkidul

"Nantinya akan ada lima kotak suara, empat bilik suara dan perangkat-perangkat lain di TPS yang ada," katanya.

Lebih lanjut, Aryanto menjelaskan, langkah sosialisasi ini juga menjadi cara untuk membiasakan warga binaan dengan banyaknya surat suara yang akan dipilih dalam pemilu besok.

"Pemilu besok kan surat suara masing-masing akan mendapat lima, jadi biar mereka paham dan tahu sehingga waktu pemilihan besok tidak kaget dan bisa cepat," katanya.

Terkait surat suara yang disediakan, Aryanto mengatakan, pihaknya memastikan akan tersedia sesuai dengan kebutuhan pemilih warga binaan yang ada di lapas Wirogunan.

"Surat suara yang disediakan kita pastikan sesuai DPT, DPTb plus 2 persen. Warga binaan yang terdaftar semua akan kita fasilitasi," tutupnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved