ADVERTORIAL

Kesetaraan Gender dalam Keluarga Jadi Kunci Program Desa yang Inklusif

Pemahaman kesetaraan gender dalam keluarga merupakan dasar mereka memahami posisi laki-laki dan perempuan di masyarakat.

Kesetaraan Gender dalam Keluarga Jadi Kunci Program Desa yang Inklusif
istimewa
Sosialisasi Pemahaman Gender oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DP3AP2) DIY Desa Kalitirto, Berbah Sleman. 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Upaya konkret terus dilakukan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DP3AP2) DIY guna memberi pemahaman gender terhadap masyarakat.

Satu di antaranya melalui sosialisasi untuk memberi pengetahuan kepada warga tentang pentingnya kesetaraan gender.

Belum lama ini, DP3AP2 DIY melakukan sosialisasi di Desa Kalitirto, Berbah Sleman.

Dari pantauan Tribunjogja.com, selain petugas DP3AP2 sendiri, dihadirkan sejumlah narasumber lain baik dari LSM maupun pemerintah provinsi yang dihadiri oleh anggota DPRD DIY bersama para perangkat desa setempat.

Peserta sosialisasi sendiri merupakan warga setempat.

Dalam sosialisasi kali ini, Rossy Budiawan selaku Fungsional Penggerak Swadaya Masyarakat (PSM) DP3AP2 DIY mendorong terciptanya kesetaraan gender dalam sebuah keluarga.

Ini penting, karena kesetaraan gender di sebuah keluarga merupakan dasar terciptanya kesetaraan gender di lingkup yang lebih luas.

"Kalau di sebuah keluarga ini sudah tercipta pemahaman gender yang baik maka keluarga tersebut akan memberikan pengaruh positif pula terhadap posisi perempuan dan laki-laki di lingkup yang lebih luas, bermasyarakat misalnya. Kami ingin keluarga-keluarga di Kalitirto ini memahami kesetaraan gender," kata Rossy.

Dijelaskan Rossy, pada dasarnya kesetaraan gender dalam sebuah keluarga bisa diwujudkan dengan sangat mudah.

Baca: Pemahaman Gender Mesti Diterapkan Mulai Tingkat Paling Bawah

Asalkan, masing-masing anggota keluarga memahami peran masing-masing dalam keluarga tanpa melihat stigma lama tentang tugas perempuan yang hanya boleh mengerjakan urusan dapur sementara laki-laki bekerja.

Halaman
123
Penulis: sus
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved