BPD DIY

Sejak 2007, BPD DIY Telah Kucurkan Rp 39,6 Miliar untuk PT Jogja Tugu Trans

Gelontoran dana ini sebagian besar diwujudkan dalam bentuk pengadaan unit bus operasional.

Sejak 2007, BPD DIY Telah Kucurkan Rp 39,6 Miliar untuk PT Jogja Tugu Trans
TRIBUNJOGJA.COM / Wahyu Setiawan
Peresmian enam bus peremajaan Trans Jogja dibawah naungan operator PT Jogja Tugu Trans (JTT) di halaman Kantor Pusat Bank BPD DIY, Senin (4/3/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sejak 2007, Bank BPD DIY tercatat telah menggelontorkan dana sekira Rp 39,6 miliar kepada salah satu operator bus Trans Jogja, PT Jogja Tugu Trans.

Gelontoran dana ini sebagian besar diwujudkan dalam bentuk pengadaan unit bus operasional.

Terbaru, BPD DIY mengucurkan sekira Rp 3,6 miliar untuk pengadaan enam bus peremajaan Trans Jogja yang diresmikan pada Senin (4/3/2019) di halaman Kantor Pusat Bank BPD DIY.

Direktur Pemasaran PT Bank BPD DIY, Agus Trimurjanto mengatakan kerjasama antara perbankan daerah bersama operator layanan transportasi umum ini sebagai bentuk dukungan serius kepada pemerintah dalam mewujudkan transportasi umum di DIY yang lebih baik.

Baca: Dibantu BPD DIY, PT Jogja Tugu Trans Remajakan Enam Bus Trans Jogja

Agus menjelaskan, kerjasama antara pihaknya bersama JTT ini sudah terjalin sejak pertama kali berdirinya JTT yang merupakan peleburan dari 5 koperasi angkutan umum yang ada di Yogyakarta.

"Kondisi angkutan umum waktu itu sudah menurun kemudian fisiknya nggak begitu bagus. Sehingga waktu itu kami bersama pemerintah menggagas transportasi baru dengan membuat sistem transportasi yang jelas dengan waktu yang tepat jam operasionalnya tepat sehingga masyarakat akan mudah menikmati layanan yang bagus," katanya, Senin (4/3/2019).

Bentuk kerjasama keduanya diawali dengan memberikan bantuan dalam bentuk kredit pengadaan pada tahun 2007.

Peresmian enam bus peremajaan Trans Jogja dibawah naungan operator PT Jogja Tugu Trans (JTT) di halaman Kantor Pusat Bank BPD DIY, Senin (4/3/2019).
Peresmian enam bus peremajaan Trans Jogja dibawah naungan operator PT Jogja Tugu Trans (JTT) di halaman Kantor Pusat Bank BPD DIY, Senin (4/3/2019). (TRIBUNJOGJA.COM / Wahyu Setiawan)

Pembiayaan tersebut hingga hari ini masih berlangsung di antaranya untuk regenerasi bus yang baru.

Baca: Bank BPD DIY Bantu Pengadaan Unit Bus Baru Trans Jogja

Sejak 2007 atau ketika bus Trans Jogja beroperasi, Bank BPD DIY total telah mengucurkan pembiayaan hingga Rp 39,6 miliar.

Tercatat pada 2007, pihaknya telah mengucurkan kredit sebesar Rp 13,5 miliar untuk pengadaan 34 unit bus Trans Jogja.

Tahun 2012, BPD kembali mengucurkan kredit sebesar Rp 6,6 miliar untuk penambahan 20 unit bus baru.

Tahun 2017 yang lalu, tercatat Bank BPD DIY juga mengucurkan dana pembiayaan sebesar Rp 16 miliar untuk pengadaan 29 unit bus Trans Jogja baru.

Baca: Bank BPD DIY Masih Tahan Bunga Kredit

Dan yang terbaru yakni di tahun 2019 ini di mana pembiayaan pengadaan 6 unit Trans Jogja peremajaan yang baru mereka berikan sebesar Rp 3,6 miliar.

Pihaknya berharap, agar kerjasama kedua belah pihak dapat terus dilaksanakan dan dapat saling bersinergi guna mewujudkan transportasi umum di daerah yang aman, nyaman dan terjangkau bagi masyarakat.

"Dan selama kerjasama berlangsung, tidak ada kendala yang berarti meskipun sempat ada gejolak yang mengguncang transportasi di Yogyakarta," pungkasnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved