BPD DIY

Operator Trans Jogja Segarkan Tampilan Bus

Enam unit peremajaan ini mengusung tampilan yang lebih segar dibanding sebelumnya.

Operator Trans Jogja Segarkan Tampilan Bus
TRIBUNJOGJA.COM / Wahyu Setiawan
Peresmian enam bus peremajaan Trans Jogja dibawah naungan operator PT Jogja Tugu Trans (JTT) di halaman Kantor Pusat Bank BPD DIY, Senin (4/3/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Salah satu operator bus Trans Jogja, PT Jogja Tugu Trans baru saja meremajakan armadanya sejumlah enam unit yang secara simbolis dilaksanakan di Halaman Kantor Pusat Bank BPD DIY, Senin (4/3/2019).

Enam unit peremajaan ini mengusung tampilan yang lebih segar dibanding sebelumnya.

Direktur Utama PT Jogja Tugu Trans (JTT), Agus Andriyanto SE mengatakan penyegaran tampilan pada bus Trans Jogja sendiri menjawab tantangan yang mana layanan transportasi umum ini harus dicintai oleh masyarakat dan mewakili ciri khas kebudayaan DI Yogyakarta.

"Tentu kita ingin Trans Jogja ini semakin menarik, eye-catching, dan dicintai oleh masyarakat sehingga banyak yang bangga dan mau menggunakan fasilitas transportasi umum," katanya disela puluncuran kepada wartawan, Senin (4/3/2019).

Baca: Sejak 2007, BPD DIY Telah Kucurkan Rp 39,6 Miliar untuk PT Jogja Tugu Trans

Dalam penyegaran tampilan ini, PT JTT menggandeng seniman senior asal Yogyakarta yakni Bambang Sauntalan.

Unsur bangunan dan budaya unik khas Yogyakarta masih diletakkan sebagai figur khas yang ada di stripping bagian samping bus.

Andong/dokar, becak bersama turis asingnya yang menggunakan blangkon, kantor pos sebagai penanda titik nol kilometer Yogyakarta hingga hiasan berupa lampu kota dengan bentuk khas Yogyakarta juga ditempelkan dalam stripping tersebut.

Baca: Dibantu BPD DIY, PT Jogja Tugu Trans Remajakan Enam Bus Trans Jogja

Sementara untuk warna, bus dibawah naungan JTT masih menggunakan warna dominan hijau dan kuning dengan beberapa gradasi keduanya.

Sedangkan untuk mesin dan chasis, PT JTT masih percaya untuk menggunakan mesin Hino dengan chasis FB 130 yang dapat menghasilkan tenaga maksimum hingga 130 PS. Bersilinder 4000 cc.

Untuk interior dan eksterior, JTT mempercayakan pengerjaan kepada karoseri Restu Ibu Pusaka dan menggandeng builder air conditioner, Sanden.

Baca: Bank BPD DIY Bantu Pengadaan Unit Bus Baru Trans Jogja

Bus ini mampu menampung 20 kursi dan hingga 22 penumpang berdiri.

Secara garis besar tak ada perubahan signifikan baik dari fasilitas maupun interiornya.

Agus berharap dengan tampilan yang baru ini dapat menjadikan bus trans jogja semakin menjadi moda transportasi yang dipilih oleh masyarakat untuk beraktivitas.

"Tentu kita ingin terus berusaha, upaya untuk terus bertahan dan bisa menjadi moda yang baik untuk warga dan wisatawan saat berkunjung di DIY," katanya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved