Gunungkidul

Cuaca Kurang Bersahabat, Nelayan Baron Tidak Melaut

Cuaca yang tidak bersahabat membuat nelayan di Pantai Baron tidak melaut beberapa hari ini.

Cuaca Kurang Bersahabat, Nelayan Baron Tidak Melaut
internet
Ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Cuaca yang tidak bersahabat membuat nelayan di Pantai Baron tidak melaut beberapa hari ini.

Ditambah lagi, pada Senin (21/1/2019) lalu, angin di kawasan Pantai Selatan Gunungkidul sangat kencang dan membuat nelayan kesulitan untuk melaut.

Ketua Nelayan Pantai Baron, Sumardi mengatakan, pada hari ini nelayan juga belum berani melaut lantaran cuaca buruk dari kemarin senin.

"Nelayan untuk saat ini tidak melaut karena dari kemarin sore hujan lebat, hingga hari ini hujan juga tidak berhenti. Padahal gelombang saat ini masih tergolong landai dan aman, ditambah lagi angin laut tadi malam sangat kencang," ucapnya pada Tribunjogja.com, Selasa (22/1/2019).

Baca: Lebarkan Sayap, Naavagreen Akan Buka Cabang Baru di Bintaro dan Jambi

Ia mengatakan, grafik angin laut saat ini mencapai 18-20 knott.

Kencangnya angin laut membuat hanya beberapa kapal saja yang berani untuk melaut.

"Kemarin hanya ada beberapa kapal yang berani melaut, kurang lebih lima kapal. Kelima kapal tersebut memancing sedangkan kapal yang tidak berani melaut kebanyakan menjaring. Rata-rata tangkapan berkisar 50 kg per kapal," ujarnya.

Sumardi menuturkan tahun lalu tangkapan ikan tidak memenuhi target, disebabkan cuaca tidak bersahabat ditambah lagi musimnya tidak bagus dan nelayan kekurangan pada alat untuk menangkap ikan.

Baca: Peringatan Cuaca BMKG: 20 Wilayah Ini Gelombang Tinggi hingga 6 Meter

Sementara itu koordinator SAR Satlinmas Korwil II Marjono mengatakan, untuk gelombang saat ini memang ada perubahan tetapi masih dalam batas wajar dibandingkan kemarin.

"Hari ini memang ada kenaikan saat ini gelombang di Pantai Selatan Gunungkidul setinggi kurang lebih 8,5 feet. Sedangkan angin saat ini sudah mulai landai hujan yang turun tadi pagi sudah mulai reda," ucapnya.

Marjono mengatakan kemarin angin sempat kencang tetapi tidak semua daerah mengalami angin kencang hanya di beberapa titik Pantai Selatan Gunungkidul yang mengalami angin kencang.

"Untuk aktivitas warga masih normal, jadi perubahan gelombang pada hari ini tidak terlalu berpengaruh aktivitas warga," tutupnya.(*)

Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved