Kulon Progo

Masih Banyak Warga Kulon Progo Belum Perekaman e-KTP

Per Desember 2018, ada sekitar 6.617 orang yang belum melakukan perekaman data dari total 343.063 orang wajib e-KTP di Kulon Progo.

Masih Banyak Warga Kulon Progo Belum Perekaman e-KTP
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kulonprogo 

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Jumlah perekaman kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) di Kulon Progo sedikit meningkat jelang akhir 2018.

Namun begitu, masih banyak warga wajib KTP yang belum melakukan perekaman.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DIsdukcapil) Kulon Progo, Djulistyo mengatakan angka perekaman data pada musim liburan ini meningkat signifikan.

Saat ini jumlah rata-rata warga yang melakukan perekaman dalam sehari mencapai 44 orang.

Angka ini meningkat dari sebelumnya hanya sekitar 22-32 orang per hari.

"Mungkin karena warga memanfaatkan waktu libur panjang dan mungkin juga karena ada langkah Kementerian Dalam Negeri untuk membekukan data kependudukan apabila warga berusia di atas 23 tahun belum juga merekam data hingga 31 Desember 2018," kata Djulistyo pada Tribunjogja.com.

Per Desember 2018, ada sekitar 6.617 orang yang belum melakukan perekaman data dari total 343.063 orang wajib e-KTP di Kulon Progo.

Di dalamnya termasuk sekitar 1.760 orang warga berusia 17 tahun yang juga belum rekam data.

Baca: Disdukcapil Kulon Progo Segera Musnahkan 25.000 Keping e-KTP Invalid

Disdukcapil sebetulnya sudah melakukan berbagai langkah agar warga bisa melaksanakan kewajibannya melakukan perekaman data e-KTP.

Di antaranya melalui program jemput bola ke tengah masyarakat dengan menyasar sekolah menengah atas, desa, pondok pesantren, dan lainnya yang terdapat banyak warga belum rekam data.

"Kami sudah dua kali jemput bola, pada periode Januari-Februari dan Agustus-September. Fokusnya menyasar pemula seperti pelajar selain juga ke desa-desa dan pondok pesantren. Ada tiga pesantren di Nanggulan dan Sentolo yang kami sambangi," kata Kepala Bidang Pengendalian Penduduk, Disdukcapil Kulon Progo, Arifiati. (*)

Penulis: ing
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved