Pendidikan

UGM Bangun Sepuluh Gedung Baru

Pembangunan kesepuluh gedung tersebut menghabiskan dana sebesar kurang lebih Rp 1 triliun yang berasal dari pinjaman JICA.

UGM Bangun Sepuluh Gedung Baru
istimewa
UGM Bangun Sepuluh Gedung Baru 

TRIBUNJOGJA.COM - UGM memulai pembangunan sepuluh gedung baru untuk delapan Fakultas di lingkungan UGM. Kedelapan Fakultas yang mendapat fasilitas gedung baru tersebut yakni Fakultas Hukum, Farmasi, Kedokteran Gigi, Kehutanan, Pertanian, Peternakan, Teknik dan Sekolah Vokasi.

Pembangunan kesepuluh gedung tersebut menghabiskan dana sebesar kurang lebih Rp 1 triliun yang berasal dari pinjaman Japan International Cooperation Agency  (JICA).

Wakil Rektor Wakil Rektor Bidang SDM dan Aset UGM Prof Dr Ir Bambang Kironoto, mengatakan usulan pembangunan gedung baru ini dilakukan sejak 2015 lalu, namun dari banyak usulan, hanya sepuluh gedung saja yang disetujui.

“Ada sepuluh bangunan bangunan baru disetujui termasuk usulan peralatan laboratorium namun dikurangi sangat banyak karena anggaran terbatas,” kata Bambang saat meresmikan dimulainya pembangunan gedung baru di Fakultas Hukum UGM, Kamis (6/12/2018).

Bambang menceritakan usulan pembangunan gedung baru ini sudah melalui proses seleksi ketat di tingkat Bappenas dan Kementerian Keuangan.

Baca: FK-KMK UGM Mengukuhkan Dasana Desa Kemadang

Meski akhirnya yang disetujui hanya sepuluh gedung namun menurut Bambang keberadaan gedung baru ini nantinya bisa menggantikan gedung lama di lingkungan UGM yang sudah tidak layak digunakan.

“Kami akan memeriksa secara berkala dilakukan perbaikan agar keamanan dan kenyaman gedung tetap dijaga,” katanya melalui siaran resmi yang diterima Tribunjogja.com.

Direktur Project Implementation Unit (PIU) UGM Ir Hotma Prawoto Sulistyadi, MT, mengatakan total luas lahan pembangunan 10 gedung baru ini dari 73 ribu meter persegi.

Oleh karena itu proses pembangunan akan diawasi lebih ketat.

Baca: UGM Resmikan Apotek Hewan

“Kami akan melakukan sinergi dalam pengawasan, perencanaan, pendanaan hingga pembangunannya,” katanya.

Prosesi dimulainya pembangunan kesepuluh gedung baru ini ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Bambang Kironoto didampingi oleh Dekan Fakultas Hukum Prof Dr Sigit Riyanto dan Direktur PIU Hotma Prawoto.

Selanjutnya Wakil Rektor secara simbolis melakukan penyematan alat keselamatan selama pengerjaan proyek kepada para pelaksana proyek.

Setelah itu, Bambang Kironoto bersama rombongan meninjau lokasi ground breaking pembangunan gedung baru di Fakultas Hukum. (*)

Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved