Yogyakarta

Menakjubkan, Ribuan Burung Layang-layang Api 'Parkir' di Belakang Pasar Beringharjo

Manuver kawanan burung itu, seperti disaksikan langsung Tribunjogja.com, saat kembali ke tempat bertenggernya sangat indah dan menakjubkan.

Menakjubkan, Ribuan Burung Layang-layang Api 'Parkir' di Belakang Pasar Beringharjo
TRIBUNJOGJA.COM / Krisna Sumargo
Ribuan burung Layang-layang Api "parkir" di kawasan belakang Pasar Beringharjo, Kota Yogya, depan Taman Budaya Yogyakarta, hingga sepanjang Jalan Suryotomo. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Ribuan burung Layang-layang Api "parkir" di kawasan belakang Pasar Beringharjo, Kota Yogya, depan Taman Budaya Yogyakarta, hingga sepanjang Jalan Suryotomo.

Manuver kawanan burung itu, seperti disaksikan langsung Tribunjogja.com, saat kembali ke tempat bertenggernya sangat indah dan menakjubkan.

Baca: Peneliti Jepang pun Telusuri Jalur Migrasi Burung Layang-layang Api sampai ke Indonesia

Belasan ribu burung melayang-layang membentuk formasi besar di udara, meliuk-liuk seperti diatur, sebelum turun dan hinggap di bentangan kabel listrik atau pepohonan.

Kehadiran kawanan burung terpantau sejak bulan lalu, dan dikenal sebagai siklus rutin tahunan sebagai fauna migran dari kawasan nontropis.

Kawanan burung yang masuk  marga (genus) Hirundo ini akan mencari tempat hinggap dan tinggal sepanjang malam selama berminggu-minggu.

Baca: Waspadai Ancaman Virus Flu Burung Saat Musim Pancaroba

Mereka berjejalan di pepohonan, kabel listrik, dan kanopi gedung-gedung persis di depan Taman Budaya Yogyakarta hingga Toko Progo.

Di Jalan Suryotomo, burung-burung ini bertengger berjajar-jajar di kabel jaringan PLN dari perempatan Gondomanan hingga depan Toko Progo.

"Mereka akan berdatangan mulai pukul lima sampai sesudah Magrib. Entah ke mana mereka kalau siang," kata Tugino, seorang petugas parkir di belakang Pasar Beringharjo.

"Kalau pagi maksimal pukul delapan mereka di sini. Rombongan besarnya sudah pergi sejak pagi-pagi," lanjut Tugino.

Baca: Petugas DLH Kota Yogya Bersihkan Jalan dari Kotoran Burung

Burung mirip Sriti ini memiliki nama latin Hirundo Rustica. Habitat asli mereka di daerah lintang utara yang memiliki empat musim.

Halaman
12
Penulis: xna
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved