Pendidikan

Ciptakan Aplikasi Pendataan Tanah SG, Siswa SMAN 8 Yogyakarta Raih Medali Emas OPSI 2018

Ciptakan Aplikasi Pendataan Tanah SG, Siswa SMAN 8 Yogyakarta Raih Medali Emas OPSI 2018

Ciptakan Aplikasi Pendataan Tanah SG, Siswa SMAN 8 Yogyakarta Raih Medali Emas OPSI 2018
Istimewa
Penelitian 'Bejawi' berhasil membawa SMAN 8 Yogyakarta meraih medali emas bidang Ilmu Sosial Humaniora pada Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) ke-10. 

Laporan Reporter Tribun Jogja Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM - Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan sesuatu yang unik.

Hal ini pula yang menginspirasi dua siswa SMAN 8 Yogyakarta yakni Prananda Atha Yudanto dan Zalsabila Purnama untuk meneliti keistimewaan DIY, terutama yang berhubungan dengan keberadaan Kraton Ngayogyakarta.

Penelitian tersebut berhasil membawa SMAN 8 Yogyakarta meraih medali emas bidang Ilmu Sosial Humaniora pada Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) ke-10.

Ide dari penelitian ini berawal dari mengamati fenomena yang terjadi pada status tanah Sultan Ground yang ditempati oleh sebagian warga Yogyakarta.

Bersamaan dengan proses identifikasi dan verifikasi tanah Kraton Yogyakarta yang mengacu pada UU nomor 13 Tahun 2012 yang merupakan undang-undang tentang keistimewaan Yogyakarta.

Baca: Dekranasda Bantul Pantik Para Pengrajin Unjuk Hasil Karya

Berbagai permasalahan birokrasi yang timbul dalam proses identifikasi dan verifikasi tersebut, maka Prananda dan Zalsabila menciptakan aplikasi pendataan tanah yang disebut Bejawi (Bebayaran Bhumi Djawi).

Prananda menjelaskan, aplikasi ini memiliki tiga fitur, yakni pengguna bisa meregistrasi Surat Kekancingan Sultan Ground.

Selain itu, pengguna juga akan mendapatkan informasi teraktual dari Keraton Yogyakarta melalui aplikasi Bejawi

"Ke depannya setelah development apps, pengguna bisa membayar langsung Biaya Pisungsung atau Biaya sewa Sultan Ground," ujarnya pada Rabu (7/11/2018).

Halaman
12
Penulis: Noristera Pawestri
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved