Bantul

Dekranasda Bantul Pantik Para Pengrajin Unjuk Hasil Karya

Pameran ini memang sebagai wadah bagi para perajin agar semakin termotivasi berkarya.

Dekranasda Bantul Pantik Para Pengrajin Unjuk Hasil Karya
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Bantul 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Bantul memantik para perajin di 17 kecamatan di Bantul untuk unjuk karya unggulan mereka pada pameran yang akan digelar di masing-masing kecamatan.

Diungkapkan oleh Ketua Dekranasda Bantul Erna Kusumawati Suharsono, pameran ini memang sebagai wadah bagi para perajin agar semakin termotivasi berkarya.

"Banyak perajin yang belum tersentuh atau muncul. Kadang kami juga tidak tahu bahwa ada potensi-potensi kerajinan unggulan di daerah tertentu," jelas Erna kepada wartawan, Rabu (7/11/2018) siang di rumah dinas Bupati Bantul.

Baca: Awali Rangkaian JIBB 2018, Dekranasda Gelar Simposium Nasional

Untuk itu pihaknya akan meluncurkan roadshow pameran Dekranasda Bantul pada Kamis (8/11/2018) di Selo Park, Selopamioro, Imogiri, Bantul.

"Harapannya dapat memberikan motivasi sekaligus memberi fasilitas pada para pengrajin untuk menunjukkan karyanya," paparnya.

Ditambahkan oleh Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah dan Perindustrian Bantul, Sulistyanta, di Bantul tercatat ada 21 ribu kerajinan.

Dan menurutnya, masih banyak lagi yang belum tercatat.

Baca: Masuki Musim Hujan, BPBD Bantul Siapkan Posko Siaga Bencana

"Maka ini terobosan dari Dekranas agar dapat menemukan potensi kerajinan unggulan yang belum terangkat," katanya. "Pengrajin hampir ada di semua kecematan dan desa. Maka stakeholder harus tahu potensi-potensi ini agar dapat mengangkat kehidupan masyarakat. Sehingga bisa ikut mempromosikan dan memasarkan juga," sambungnya.

Senada, Erna juga berharap dapat dilakukan pendataan kerajinan melalui desa-desa.

"Ajang ini dapat dimanfaatkan dusun dan desa untuk memberikan info kerajinan unggulan di desa masing-masing," katanya. "Apa saja semua yang ada di wilayah itu baik kuliner, batik, dan lainnya," imbuhnya.

Selain itu menurutnya dalam pameran ini masing-masing kecamatan juga dapat mempromosikan potensi wisata yang dimiliki.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: amg
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved