Yogyakarta

Aksesbilitas Difabel di Pemkot Yogya Masih Minim

Organisasi Harapan Nusantara Indonesia melakukan survei terkait aksesibilitas penyandang disabilitas di Kompleks Balaikota Yogyakarta.

Aksesbilitas Difabel di Pemkot Yogya Masih Minim
TRIBUNJOGJA.COM / Kurniatul Hidayah
Jalan landai atau ram untuk penyandang disabilitas untuk kursi roda masih terlalu curam. Derajat kemiringannya sekitar 10 derajat dari normalnya 7 derajat. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sejumlah peneliti dan juga disabilitas yang tergabung dalam organisasi perlindungan dan pemenuhan hak difabel OHANA (Organisasi Harapan Nusantara) Indonesia melakukan survei terkait aksesibilitas penyandang disabilitas di Kompleks Balaikota Yogyakarta, Rabu (12/9/2018).

Mereka mendatangi beberapa OPD yang berkaitan dengan pelayanan publik untuk mencoba ketersediaan akses bagi para pengguna kursi roda maupun tunanetra yang saat itu mencoba fasilitas tersebut.

Baca: Trotoar di Kota Yogya Belum Ramah Difabel

Arin, seorang pengguna kursi roda dengan susah payah mengakses jalan landai atau ram yang diperuntukkan disabilitas di Gedung Dinas Perizinan dan Penanaman Modal Kota Yogyakarta.

Kedua tangannya mencengkram roda dengan kekuatan penuh dan terus berupaya mengerahkan tenaga untuk bisa sampai di pintu masuk gedung utama.

Belum sampai di sana, loket khusus disabilitas berada dekat dengan pot bunga yang menyulitkan akses kursi roda maupun penyandang tunanetra.

Survei terus berlanjut menuju akses toilet.

Berdasarkan pengamatan Tribun Jogja, keberadaan kursi tunggu untuk pemohon yang mengantre perizinan di Dinzin, ditempatkan di tengah-tengah jalan dan menyisakan sedikit ruang bagi pejalan kaki.

Akses tersebut dijajal Supriyanto, salah satu tunanetra yang berjalan menggunakan tongkatnya.

Kemudian disusul dengan pengguna kursi roda lainnya yang nampak kesulitan mengakses jalan tersebut karena terlalu sempit.

Halaman
123
Penulis: kur
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved