Kota Jogja

Pemkot Luncurkan Layanan Baru di Perpustakaan Kota Yogya

ALEKSA merupakan inovasi baru di Perpustakaan Kota Yogyakarta yang menghadirkan sajian koleksi pustaka bernuansa lokal Yogyakarta.

Pemkot Luncurkan Layanan Baru di Perpustakaan Kota Yogya
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kota Yogya 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Yogyakarta'>Kota Yogyakarta meluncurkan layanan baru di lantai 2 Yogyakarta'>Kota Yogyakarta'>Perpustakaan Yogyakarta'>Kota Yogyakarta yang diberi nama ALEKSA (Ada Koleksi Lokal Konten Yogyakarta), Rabu (1/8/2018).

Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Yogyakarta'>Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko menjelaskan bahwa ALEKSA merupakan inovasi baru di Yogyakarta'>Kota Yogyakarta'>Perpustakaan Yogyakarta'>Kota Yogyakarta yang menghadirkan sajian koleksi pustaka bernuansa lokal Yogyakarta.

"Tempatnya juga dibuat nyaman dengan meja dan kursi serta suhu ruangan yang dingin," ungkapnya pada Tribunjogja.com, Rabu (1/8/2018).

Baca: Polisi Kembali Tangkap 4 Tersangka Pengeroyokan Saat Derby DIY

ALEKSA, lanjutnya, didukung penuh oleh Wali Kota, Wakil Wali Kota dan juga masyarakat luas.

Dukungan yang diberikan berupa surat resmi atas inovasi ALEKSA di Yogyakarta'>Kota Yogyakarta'>Perpustakaan Yogyakarta'>Kota Yogyakarta dan juga pembubuhan tanda tangan.

"Kami menggandeng komunitas Chattra Kebaya pada acara launching untuk mengisi kegiatan tutorial berkebaya dan berkain praktis. Hal ini senada dengan tugas perpustakaan untuk menunjang terselenggaranya pusat budaya lokal, sehingga akan mendorong kecintaan masyarakat terhadap budaya lokal," terangnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Heroe Poerwadi mengatakan bahwa Yogyakarta'>Kota Yogyakarta'>Perpustakaan Yogyakarta'>Kota Yogyakarta dengan budaya kinerja inovatifnya telah melahirkan layanan ALEKSA.

Kegigihan menyebarkan bahan bacaan melalui ALEKSA, lanjutnya, akan membawa kemajuan bagi masyarakat Kota Yogyakarta dengan literasi budaya lokal yang berkemajuan.

Baca: Bangun 3 RTHP Baru, DLH Kota Yogya Hadirkan Tanaman Langka dan Permainan Tradisional

"Harapannya ALEKSA akan mampu menjadi pendorong tradisi budaya membaca terutama terhadap pengetahuan lokal Yogyakarta," ucapnya.

Sebelumnya, Upaya untuk melestarikan naskah kuno juga dilakukan pihak Yogyakarta'>Pemkot Yogyakarta, dalam hal ini Yogyakarta'>Kota Yogyakarta'>Perpustakaan Yogyakarta'>Kota Yogyakarta yang telah melakukan kunjungan ke Perpustakaan Banjar Wilopo.

Kepala Seksi Pelestarian Koleksi Pustaka dan Naskah Kuno, Ismawati Retno menyampaikan bahwa pihaknya melakukan upaya penjajagan kerjasama terkait pengelolaan naskah kuno dengan pihak Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

“Naskah kuno milik Perpustakaan Banjar Wilopo Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat merupakan bagian dari kekayaan bahan pustaka lokal konten Yogyakarta. Dengan demikian memungkinkan dilakukan kerjasama dalam layanan ALEKSA di Yogyakarta'>Kota Yogyakarta'>Perpustakaan Yogyakarta'>Kota Yogyakarta,” kata Ismawati.(*)

Penulis: kur
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved