Layanan UNY Kini Sudah Terintegrasi Online

Siakad UNY adalah sistem informasi yang mengelola data dan seluruh layanan administrasi akademik semua program studi yang terdapat di UNY.

Layanan UNY Kini Sudah Terintegrasi Online
TRIBUNJOGJA.COM / Santo Ari
Rektor UNY Sutrisna Wibawa memaparkan capaian dan target UNY saat Media Gathering, Kamis (8/2/2018). 

TRIBUNJOGJA.COM - UNY saat ini tengah melakukan pelayanan dengan berbasis online.

Banyak hal bisa dilakukan tanpa mahasiswa harus datang ke kampus.

Beberapa diantaranya adalah SIAKAD (http://siakad2013.uny.ac.id).

Siakad UNY adalah sistem informasi berbasis web yang mengelola data dan seluruh layanan administrasi akademik semua program studi yang terdapat di UNY.

Ada pula SIKEU (http://sikeu.uny.ac.id), web yang menyediakan fasilitas pendaftaran dan pembayaran mahasiswa dengan fasilitas pelayanan dan rekapitulasi pembayaran.

Sejak 2007 pembayaran SPP mahasiswa lama dan baru dapat dilakukan dari seluruh wilayah Indonesia melalui BTN, BPD, BNI dan Mandiri serta kantor pos.

Setelah itu mahasiswa dapat melakukan pengisian KRS melalui Internet.

Selanjutnya dosen pembimbing menyetujui KRS juga secara online.

Sistem Yudisium Wisuda (http://yudiwis.uny.ac.id) digunakan untuk memenuhi kebutuhan pendaftaran yudisium dan wisuda secara online.

Terintegrasi dengan sistem bebas perpustakaan, sistem bebas pinjam alat laboratorium, sistem bebas pinjaman kewirausahaan, dan Sistem Informasi Akademik

Dan layanan alumini Eservice (https://eservice.uny.ac.id/) di mana alumni dapat mengajukan permohonan legalisasi ijazah atau transkrip nilai hanya dengan klik tombol saja.

Kepala Kantor Humas, Promosi dan Protokoler UNY, Anwar Efendi mengatakan semua layanan diupayakan diintegrasikan dalam satu sistem sesuai spesifikasinya.

"Masalah keuangan ada Sikeu, urusan akademik misal perwalian, pengisian krs, penyusunan jadwal, pemasukan nilai ada siakad," tandansya.(*)

Penulis: nto
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved