Bahaya! Merokok Sambil Berkendara Bisa Mencelakai Orang Lain

Merokok sambil mengendarai kendaraan termasuk sebagai perilaku tak Bertanggung jawab karena

Bahaya! Merokok Sambil Berkendara Bisa Mencelakai Orang Lain
TRIBUNJOGJA.COM | Mona Kriesdinar
Ilustrasi merokok sambil naik motor 

TRIBUNJOGJA.COM - Merokok memang membahayakan kesehatan, aktivitas ini juga merugikan orang sekitar yang menjadi perokok pasif. Apalagi jika merokok sambil berkendara. Aktivitas ini bisa mencelakai orang lain lantaran abu rokok bisa tertiup angin kemudian masuk ke mata yang bisa memicu kebutaan.

"Orang-orang yang  merokok  ketika  berkendara  motor  adalah orang-orang yang tidak bertanggung jawab," tegas Jusri Pulubuhu, pendiri dan instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC).

"Dampak dari abu rokok bisa membutakan orang dan mengganggu orang lain," ujar Jusri.

"Selain itu, dapat juga menghilangkan konsentrasi orang lain dan tentunya mencelakai orang ketika kelilipan abu rokok," tambahnya.

Jusri juga menambahkan bahwa empati di Indonesia dirasa masih kurang karena adanya perilaku buruk seperti Merokok ketika  berkendara.

"Di Indonesia empatinya kurang, padahal tidak main-main, abu rokok kalau terkena mata bisa menyebabkan kebutaan," ujarnya.

"Itulah mengapa dapat disebut sebagai 'orang yang tidak bertanggung jawab'," lanjutnya.

"Ingat, jalan raya adalah fasilitas publik, bukan jalan milik perseorangan, di belakang pengemudi ada orang lain, bisa saja orangtuanya, neneknya, calon istrinya atau orang lain, mereka bisa saja terkena dampak dari abu rokok itu," tutupnya. (*/Motor Plus)

Editor: mon
Sumber: Motor Plus
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help