Agenda

Ratusan Guru PAUD Akan Diberi Edukasi Nutrisi

Taman Pintar Yogyakarta, pada setiap Minggunya, sejak 23 Oktober 2011 menyelenggarakan program Edukasi Nutrisi SariHusada-One Earth

Laporan Reporter Tribun Jogja, Gaya Lufityanti

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Masih ada sebanyak 5 juta anak Indonesia yang dalam keadaan rawan gizi. Jutaan anak-anak belum memiliki gizi yang baik akan berdampak pada kemampuan anak internasional yang semakin menuntut kemampuan otak yang sangat dipengaruhi kecukupan gizi selama dalam kehamilan dan masa balita. Jika tidak memperbaiki status gizi anak-anak, bangsa kita akan tertindas dalam persaingan dunia yang semakin ketat.

Di tengah situasi ini, Taman Pintar Yogyakarta, pada setiap Minggunya, sejak 23 Oktober 2011 menyelenggarakan program Edukasi Nutrisi SariHusada-One Earth. Secara umum program ini bertujuan memberikan edukasi nutrisi secara integral pada orang tua dan anak.

Kegiatan ini selain sebagai upaya mendukung Indonesia mencapai Millenium Development Goals2015 dalam bidang kesehatan juga turut berpartisipasi mengatasi permasalahan Gizi anak di Indonesia baik yang terkait dengan gizi buruk maupun obesitas. Program berkontribusi dalam upaya pencegahan terjadinya pertumbuhan anak yang pendek dan kualitas hidup anak yang rendah lewat edukasi yang bersifat integral.

Sejak dimulainya program ini, kebermanfaatan program didokumentasikan dan dimonitoring. Hasil temuan yang telah diteliti oleh surveyMETER, program Edukasi Nutrisi memberikan banyak manfaat. Manfaatnya komprehensif tidak hanya berhenti pada peningkatan pengetahuan nutrisi peserta, tetapi diiringi juga dengan adanya peningkatan kesehatan fisik dan psikososial anak dan orang tua.

Dan dari hasil monitoring tersebut semakin mengukuhkan bahwa program yang dilakukan di Taman Pintar perlu dilanjutkan. Tidak hanya dilakukan di Taman Pintar saja, tetapi juga perlu diluaskan ke tempat lain di Provinsi DIY khususnya, dan di Indonesia pada umumnya, sehingga peningkatan status gizi dan kesehatan anak semakin nyata.

Mengikutkan pemangku kepentingan yang lain untuk mengatasi permasalahan gizi seperti Guru, Kader Posyandu, Kader PKK dan tokoh masyarakat juga penting dilakukan sehingga kesinambungan dari dampak program ini bisa terjaga dan bertahan.

Upaya perluasan serta replikasi program Edukasi Nutrisi bertujuan untuk memperluas jumlah penerima manfaat. Pada bulan Juni 2014 ini, One Earth Integral Education Foundation didukung oleh Sarihusada menyelenggarakan Training of trainers Edukasi Nutrisi One Earth bagi Guru PAUD.

Pembukaan Training of Trainers Edukasi Nutrisi One Earth bagi 105 Pendidik PAUD yang tersebar di Kecamatan Imogiri ini akan diselenggarakan pada Selasa, 3 Juni 2014. Kegiatan akan berlangsung mulai pukul 09.00 hingga selesai di KB Harapan Putra. Dusun Sungapan RT 04 Desa Sriharjo Imogiri. Diharapkan para guru PAUD bisa memberikan edukasi nutrisi secara integral anak usia 3-5 tahun untuk meningkatkan status gizi dan kesehatan fisik serta psikososial anak. (Tribunjogja.com)

Tags
Guru
Penulis: gya
Editor: dik
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved