Dinas Perhubungan DIY Gagas Rute Baru Bus Trans Jogja Menuju Kaliurang

Dinas Perhubungan DIY saat melakukan uji coba rute ke Kaliurang menggunakan TransJogja, Jumat (17/9/2021)

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Pemerintah Daerah (Pemda) DIY melalui Dinas Perhubungan (Dishub) DIY tengah menggagas adanya rute baru trasnportasi umum, yang bisa diakses oleh masyarakat maupun wisatawan, dari kota Yogyakarta hingga ke taman Kaliurang di Kabupaten Sleman.

Uji coba rute bahkan telah dilakukan dengan keberangkatan dari terminal Pakem menuju wisata Kaliurang dengan menggunakan Bus Trans Jogja yang selama ini melayani perkotaan. 

Kepala Dinas Perhubungan DIY, Ni Made Dwipanti Indrayanti, mengatakan uji coba rute ini adalah bagian dari persiapan upaya memfasilitasi trasnportasi umum menuju kawasan Kaliurang, jika nanti semua objek wisata sudah resmi diperbolehkan buka.

Menurutnya, uji coba ini dilakukan setelah ada pertemuan bersama sejumlah pihak.

Di antaranya Trans Jogja, Teman Bus, komunitas wisata dan DPRD DIY berkaitan rencana penyediaan trasnportasi menuju destinasi wisata.

"Kemarin kan (rute) berhenti sampai ke Pakem. Nah, ini akan kita teruskan, sampai ke Taman Kaliurang. Memungkinkan tidak. Nanti, akan kita telaah bersama-sama," kata dia, Jumat (17/9/2021). 

Rute transportasi umum menuju Kaliurang ini dinilai potensial.

Sebab, di samping Kaliurang merupakan destinasi wisata populer yang ada di DIY, rute tersebut juga banyak melewati tempat pendidikan.

Harapannya, hal itu dapat mengedukasi anak-anak didik bahwa naik transportasi umum itu enak, nyaman dan menyenangkan.

Sehingga dapat menumbuhkan minat yang besar pada angkutan massal. Sejalan dengan itu, diharapkan dapat mengurangi kemacetan. 

Halaman
12