Pekan Doa Sedunia Digelar 24 Januari 2023 di Yogyakarta

Pada hari Selasa, 24 Januari 2023 akan diadakan perayaan Pekan Doa Sedunia di Gereja Huria Kristen Batak Protestan Yogyakarta.

Editor: ribut raharjo
Dok Tribunjogja.com
Ilustrasi Yogyakarta 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pada hari Selasa, 24 Januari 2023 akan diadakan perayaan Pekan Doa Sedunia di Gereja Huria Kristen Batak Protestan Yogyakarta di Jl. I Dewa Nyoman Oka 22 Kotabaru dimulai pukul 17.30-20.00 WIB.

Pekan Doa Sedunia adalah gerakan yang mulanya diinisiasi pada 1908 dengan “Pekan Kesatuan Gereja” yang dimulai oleh beberapa denominasi Kristen.

Pada tahun 1964, Gereja Katolik mengeluarkan dorongan untuk mengadakan gerakan ekumenisme yang mempertegas dorongan untuk pelaksanaan gerakan-gerakan persaudaraan antar Gereja.

Sejak tahun 2004, terjadi kesepakatan dari Dewan Gereja-Gereja sedunia (World Council of Churches) yagn diwakili oleh komisi Faith and Order dan Gereja Katolik yang Dewan Kepausan untuk Memajukan Kesatuan Kristiani bahwa bahan-bahan pekan doa untuk kesatuan umat Kristiani disusun dan diterbitkan bersama.

Sejak saat itulah gerakan ini semakin berkembang sehingga saat ini, setiap tahun gerakan ini dilaksanakan di berbagai tempat di seluruh dunia dengan format ibadah yang senada.

Di tingkat lokal Yogyakarta, perayaan ini adalah bagian dari rangkaian acara tahunan yang diadakan oleh Gereja Katolik Kevikepan Yogyakarta Timur di bawah pimpinan Romo Adrianus Maradiyo, Pr bersama dengan Perkumpulan Badan Kerjasama Antar Denominasi Kristen (BKSADK) DIY di bawah pimpinan Pendeta Agus Haryanto.

Ketua Acara adalah Pdt. Bernat W Panggabean dari HKBP Resort Yogyakarta dan Rm. Yohanes Iswahyudi, Pr dari Gereja St. Maria Assumpta Babarsari.

Dalam keterangan tertuilis panitia, acara ini secara rutin dilaksanakan setiap tahun dengan mengambil tempat bergantian antara Gereja Katolik dan Gereja Kristen.

Pesan yang mau dibangun adalah kesempatan untuk bersama-sama menunjukkan komitmen persaudaraan. (rls)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved