Piala Dunia 2022

Tendang Bola ke Bench Belanda, Aksi Konyol Leandro Paredes Serupa dengan Abduh Lestaluhu

Paredes mematik terjadinya keributan saat ia menendang bola secara keras ke arah bench pemain cadangan Belanda.

Penulis: Hanif Suryo | Editor: Yoseph Hary W
www.twitter.com/Argentina
Ekspresi pemain Argentina setelah memastikan menang adu penalti dari Belanda di perempat final Piala Dunia 2022 di Lusail Iconic Stadium, Sabtu (10/12) dini hari WIB. 

TRIBUNJOGJA.COM- Di balik keberhasilan Argentina melaju ke babak semifinal Piala Dunia 2022 seusai menang adu penalti dari Belanda, Sabtu (10/12/2022) dini hari WIB, sempat diwarnai aksi konyol dari pemainnya yakni Leandro Paredes.

Bertanding di Lusail Iconic Stadium, Sabtu (10/12) dini hari WIB, Paredes mematik terjadinya keributan saat ia menendang bola secara keras ke arah bench pemain cadangan Belanda.

Aksi konyol tersebut ia lakukan setelah melakukan tekel keras kepada pemain Belanda, Nathan Ake pada menit ke-89.

Benar saja, aksi tersebut langsung menyulut amarah dari pemain Belanda, yang mengerubungi Leandro Paredes.

Keributan antara pemain kedua tim pun tidak terhindarkan. Kapten Belanda, Virgil van Dijk bahkan terlihat dari tayangan ulang berkonfrontasi langsung dengan Paredes.

Sedangkan pemain-pemain lain dari kedua tim sempat terlibat aksi saling dorong. Namun begitu keributan tidak melebar karena wasit Mateu Lahoz bisa menenangkan suasana.

Paredes yang melakukan aksi tidak sportif lantas dijatuhi hukuman. Wasit hanya memberikan kartu kuning untuk aksi tak sportif yang dilakukan oleh Paredes tersebut.

Adapun pertandingan ini akhirnya dimenangkan Argentina lewat drama adu penalti.

Duel yang berlangsung sengit ini harus berlanjut ke babak adu penalti setelah imbang  2-2 muncul hingga perpanjangan waktu.

Dua gol Argentina dibukukan oleh Nahuel Molina pada menit ke-35 dan Lionel Messi (73’ penalti).

Sedangkan dua gol Belanda dicetak oleh Wout Weghorst pada menit ke-83 dan 90+11.

Lantaran belum ada pemenang sampai extra time tuntas, pertandingan Belanda Vs Argentina pun ditentukan lewat adu tendangan penalti.

Pada drama adu penalti, Lionel Messi Cs unggul 4-3 atas timnas Belanda. Albiceleste, julukan Argentina pun lolos ke semifinal untuk menantang Kroasia, yang sebelumnya menyingkirkan Brasil juga lewat drama adu penalti.

Serupa dengan Aksi Abduh Lestaluhu
Aksi konyol yang dilakukan Leandro Paredes di pertandingan ini tentu saja mengingatkan pada peristiwa serupa yang dilakukan bek tim nasional Indonesia, Abduh Lestaluhu, pada final kedua Piala AFF 2016 melawan Thailand di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/12/2016) silam.

Pada masa injury time saat Indonesia tertinggal 0-2, Abduh secara mengejutkan menendang bola ke arah bangku cadangan Thailand sebelum melakukan lemparan ke dalam.

Aksi tidak terpuji bek yang saat itu memperkuat PS TNI tersebut sempat memicu kemerahan dari kubu Thailand. Alhasil, Abduh diganjar kartu merah oleh wasit Abdulla Hasan.

Abduh pun harus menerima sanksi tambahan dari AFC. Dia harus menerima hukuman tambahan satu larangan tampil, di luar hukuman satu laga dari kartu merah yang diterimanya.

Selain itu, dia juga wajib membayar denda sebesar 1.000 dollar AS atau sekitar Rp 13,3 juta.

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Klub
    D
    M
    S
    K
    GM
    GK
    -/+
    P
    1
    Persija Jakarta
    21
    12
    5
    4
    28
    11
    11
    41
    2
    Persib
    19
    12
    3
    4
    32
    25
    6
    39
    3
    PSM Makasar
    20
    10
    8
    2
    35
    8
    19
    38
    4
    Madura United
    21
    11
    3
    7
    26
    14
    6
    36
    5
    Bali United
    20
    11
    2
    7
    44
    21
    14
    35
    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved