Otomotif

Honda Supra Lawas Disulap Jadi Trike Mini ala GREEN CUSTOM

Ide awal lahirnya motor trike mini ini ialah keinginan Danang untuk membuat sebuah motor kustom chopper yang berbeda dari lainnya

Penulis: Hanif Suryo | Editor: Hari Susmayanti
TRIBUNJOGJA.COM/ HANIF SURYO
Trike mini garapan Danang Sispurwatoro dari Green Custom. 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - GREEN CUSTOM sebuah bengkel custom yang berada di jalan Kasongan No.5 Karangpule Rt 02, Tirtonirmolo Kasihan, Bantul mengubah sebuah motor bebek Honda Supra lawas menjadi motor trike alias motor roda tiga mini.

Danang Sispurwatoro selaku pemilik bengkel mengatakan, selain trike, gaya chopper juga disematkan dalam motor garapannya.

Ide awal lahirnya motor trike mini ini ialah keinginan Danang untuk membuat sebuah motor kustom chopper yang berbeda dari lainnya.

"Jadi referensinya memang acak saja, sekadar ingin bikin motor yang berbeda. Kalau naik motor pada umumnya kan kaki harus turun, nah dengan menggunakan trike mini ini kaki nggak usah turun. Kami buat senyaman mungkin," ujar Danang kepada Gaspol 52 Tribun Jogja.

"Shock depan kami menggunakan upside down, dudukan persneling juga dibikin lebih unik, dan dibikin trike (roda tiga) agar terlihat gahar," tambah kustom builder yang kerap menerima pesanan dari luar negeri ini.

Adapun dari motor bebek Honda Supra 125 yang ia pertahankan hanyalah bagian mesin yang masih orisinilan. Bagian lain digarap Danang sendiri alias handmade, dikerjakan di bengkel miliknya.

"Kesulitannya ialah karena saya masih belajar bagian transmisi belakang, ada yang bilang kalau pakai penggerak satu lebih nyaman tapi ada minusnya. Demikian pula apabila menggunakan dua penggerak. Maka dari itu, saya masih harus belajar," kata Danang.

Lebih lanjut Danang menjelaskan, pengerjaan trike ini ini apabila ditotal tak sampai 1 bulan. Tak sendirian, Danang juga menggandeng Febriski Eldian Cahya Putra dari Elendra Garage 19 untuk finishing cat trike mini ini.

Kalau diperhatikan, bagian bodinya trike mini ini terdapat grafis aksen api putih yang terletak pada bagian rangkanya.

"Pemilihan warna hitam sesuai request dari Mas Danang. Sedangkan grafis aksen api di bagian rangka, sengaja dibuat seakan bagian mesin tampak berapi-api," sambung Febriski.

Baca juga: Rubrik Otomotif Gaspol 52: Karimun Kotak Bersolek Jadi Makin Ciamik

Spesifikasi Trike Mini

Danang memaparkan, trike mini ini menggunakan ban Deli Tire berukuran 120/90 ring 10 inchi untuk bagian depan, menggunakan velg Vespa yang sudah dikustom sendiri. Bagian menarik lainnya ialah disematkannya upside down mini yang membuat tampilannya semakin gahar.

"Lampu depan saya menggunakan daymaker, speedometer dari KTM, sedangkan holder dari Kitaco," jelas Danang.

Untuk master rem, Danang menggunakan merk RCB sedangkan kaliper menggunakan merk Brembo 4 piston.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved