Berita Kulon Progo Hari Ini

Paus Pilot Terdampar di Pantai Bugel Kulon Progo, Ini yang Diambil BKSDA Yogyakarta

Untuk memastikan penyebab kematiannya, petugas dari BKSDA Yogyakarta mengambil beberapa organ dalam sebagai sampel pemeriksaan. 

Penulis: Sri Cahyani Putri | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Sri Cahyani Putri Purwaningsih
Petugas BKSDA Yogyakarta melakukan pemeriksaan pada tubuh paus pilot yang mati terdampar di Pantai Bugel, Panjatan, Kabupaten Kulon Progo, Rabu (7/12/2022). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO -  Seekor Paus Pilot dalam kondisi mati terdampar di pesisir Pantai Bugel, Panjatan, Kabupaten Kulon Progo

Untuk memastikan penyebab kematiannya, petugas dari BKSDA Yogyakarta mengambil beberapa organ dalam sebagai sampel pemeriksaan. 

Dokter hewan di BKSDA Yogyakarta , Yuni Titasari mengatakan, pihaknya masih melakukan pemeriksaan lebih lanjut pada tubuh hewan mamalia laut tersebut.

Dengan mengambil hati, ginjal, usus dan paru-paru. 

Selanjutnya, beberapa organ dalam itu akan diperiksa di laboratorium. 

Baca juga: Paus Pilot Terdampar di Pantai Bugel Kulon Progo dalam Kondisi Mati

"Tadi (beberapa organ dalam) sudah dikasih formalin untuk pengawetan. Kemudian dilakukan pengecekan di laboratorium. Jadi hasilnya (penyebab kematian) menunggu dari laboratorium," katanya saat ditemui di lokasi, Rabu (7/12/2022). 

Pasalnya, dari hasil nekrosis di bagian usus, petugas tidak menemukan sampah plastik yang menjadi dugaan penyebab kematian hewan akhi-akhir ini. 

Tim UPT Kementerian Kelautan dan Perikanan Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Loka Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut Serang Wilayah Kerja DIY, Wijang Padmadi menambahkan, dari pengukuran morfometri, diketahui berat tubuh paus pilot sekitar 800 kilogram (kg). Dengan panjang 490 sentimeter (cm) dan lebar 60 cm.

Selanjutnya, bangkai Paus Pilot dikuburkan di pesisir Pantai Bugel .

Ia mencatat, selama 2022, ada 5 kejadian ikan terdampar di sepanjang pesisir pantai selatan Kulon Progo . ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved