Kontingen DIY Finish di Urutan 8 Pomnas 2022, Rahma Annisa Sumbang 2 Medali Emas di Cabor Atletik

Kontingen Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) DI Yogyakarta finish di urutan delapan dengan total koleksi 25 medali, terdiri dari lima emas,

Istimewa
Atlet DIY, Rahma Annisa (tengah atas) saat meraih medali emas di ajang Pomnas 2022. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kontingen Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) DI Yogyakarta finish di urutan delapan dengan total koleksi 25 medali, terdiri dari lima emas, 10 perak dan 10 perunggu dari 10 cabang olahraga yang diikuti. 

Medali terbanyak DIY disumbangkan cabor atletik dengan raihan tiga emas dan dua perunggu. Dua emas lainnya didapatkan DIY dari taekwondo oleh Raden Odo Prangbakat dan panjat Tebing. 

Rahma Annisa menjadi atlet dengan raihan medali terbanyak dengan dua emas dari nomor lari 400m dan lari 400m gawang.

Disusul berikutnya raihan Seto dari Panjat Tebing dengan 1 emas dan 1 perak.

Baca juga: Kenaikan UMP 2023 di DI Yogyakarta Sebesar 7,65 Persen, Pakar Ekonomi: Mendekati Win-win Solution

Atas perolehan ini, Chief de Mission kontingen DIY untuk Pomnas XVII, Erwin Setyo Kriswanto mengaku lega dan bangga atas perjuangan seluruh atlet

“Saya sangat bangga melihat perjuangan punggawa DIY pada gelaran Pomnas kali ini. DIY berhasil finish di urutan delapan. Hal ini membuat target dari BAPOMI DIY untuk bisa masuk 10 besar dapat terpenuhi," Erwin, Senin (28/11/2022).

Pomnas kali ini menempatkan DKI Jakarta sebagai juara umum dengan total raihan 115 medali (49 emas, 33 perak dan 33 perunggu), Jawa Tengah di peringkat kedua dengan 89 medali (28 emas, 23 perak dan 38 perunggu), dan Jawa Timur di urutan ketiga dengan 72 medali (21 emas, 29 perak dan 22 perunggu).

Ketua Umum BAPOMI DIY, Lantip Diat Prasojo mengapresiasi tinggi atas raihan yang sudah ditorehkan DIY pada Pomnas kali ini. 

“Saya mengucapkan selamat, terima kasih dan serta apresiasi yang tinggi kepada para atlet serta official atas perjuangan yang luar biasa. Semoga kedepan Prestasi DIY terus meningkat, dan bisa menyongsong POMNas tahun depan dengan semangat,"

Adapun Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali secara resmi menutup penyelenggaraan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas) XVII 2022 Sumatra Barat di Auditorium Universitas Negeri Padang (UNP) Sabtu (26/11/2022) malam kemarin. 

Pomnas telah digelar selama 10 hari, mulai 17 hingga 26 November. Adapun event Pomnas kali ini mempertandingkan 14 cabang olahraga, yaitu atletik, bola basket, bola voli, futsal, pencak silat, petanque, tarung derajat, tenis, renang, sepak takraw, bulu tangkis, silat, tarung derajat, dan panjat tebing.

Penyelenggaraan berpusat di kampus Universitas Negeri Padang, kampus Akademi Teknologi Industri Padang, dan kampus Universitas Andalas.

Dalam sambutannya, Zainudin menyebut POMNas menjadi salah satu ajang mempersiapkan atlet elite nasional dalam usaha mencapai target Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). 

Baca juga: Daftar UMP 2023 DKI Jakarta, Jogja, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten

Ia juga menyinggung bahwa olahraga Indonesia juga berpotensi menunjang ekonomi dan pariwisata daerah. 

"Kita harus mendorong olahraga tak hanya untuk prestasi tapi juga ekonomi. Sport industri dan sport tourism saat ini jadi sumber devisa dan pemasukan berbagai negara maju. Potensi kita di tanah air sangat besar, hanya belum tergali secara maksimal," ujar Menpora.

Penutupan ditandai dengan penyerahan bendera penyelenggara dari Ketua Panitia POMNas XVII kepada Ketua Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (BAPOMI). (tsf)

 

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved