Berita Bantul Hari Ini

Hari Kedua Operasi Zebra Progo, Polres Bantul Tindak Ratusan Pengendara yang Langgar Aturan

Polres Bantul menggelar Operasi Zebra Progo 2022 yang mana berlangsung selama 14 hari atau pada 3-16 Oktober 2022.

Penulis: Santo Ari | Editor: Gaya Lufityanti
Dokumentasi Humas Polres Bantul
Petugas kepolisian menindak pengendara roda dua yang masuk ke jalur cepat, Selasa (4/10/2022) 

TRIBUNJOGJA.COM - Polres Bantul menggelar Operasi Zebra Progo 2022 yang mana berlangsung selama 14 hari atau pada 3-16 Oktober 2022.

Pada hari kedua digelarnya Operasi Zebra Progo 2022, Satlantas Polres Bantul menindak ratusan pengendara sepeda motor yang secara kasat mata melakukan pelanggaran lalu lintas di Jalan Majapahit Ringroad Timur, Banguntapan, Bantul , Selasa (4/10/2022).

KBO Satlantas Polres Bantul , Iptu Effendi Sulistiyanto yang memimpin kegiatan tersebut mengatakan, pantauan di lapangan rata-rata pelanggaran yang dilakukan pengendara yaitu banyak kendaraan roda dua masuk ke jalur cepat pada ruas Ringroad.

"Oleh karena itu, penindakan ini sekaligus untuk meningkatkan kesadaran pengendara kendaraan bermotor roda dua khususnya, agar melintas di jalur lambat Ringroad," ungkapnya.

Baca juga: Bupati Halim Ingatkan Generasi Muda Bantul, Pancasila Adalah Konsesus Nasional

Adapun terdapat tujuh Pelanggaran Prioritas selama Operasi Zebra Progo 2022 dilaksanakan.

Pelanggaran yang dimaksud yakni pengemudi yang menggunakan ponsel saat berkendara, masih di bawah umur.

Untuk sepeda motor berboncengan lebih dari satu orang, tidak menggunakan helm SNI dan safety belt untuk pengendara roda empat atau lebih.

Selain itu pelanggaran prioritas lainnya yakni pengendara  dalam pengaruh atau mengkonsumsi alkohol, melawan arus dan melebihi batas kecepatan.

"Dalam operasi tersebut petugas menindak 103 pelanggar. Sasaran pelanggaran lainnya yaitu tidak menggunakan helm SNI, kelengkapan teknis kendaraan dan knalpot blombongan," imbuhnya.

Iptu Effendi menambahkan, ada beberapa pesan dan imbauan terkait pelaksanaan Operasi Zebra Progo 2022, di antaranya menyampaikan pesan agar masyarakat mematuhi aturan berlalu lintas, memenuhi kelengkapan dan administrasi kendaraan seperti SIM, STNK dan lainnya.( Tribunjogja.com

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved