Bupati Bantul Abdul Halim Muslih

Bupati Halim Ingatkan Generasi Muda Bantul, Pancasila Adalah Konsesus Nasional

Pemerintah Kabupaten Bantul menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lapangan Paseban Bantul, Sabtu (1/10/2022).

Editor: Agus Wahyu
TRIBUNJOGJA.COM/ISTIMEWA
Bupati Bantul Abdul Halim Muslih dan jajaran Forkopimda Kabupaten Bantul mengikuti upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lapangan Paseban Bantul, Sabtu n(1/10/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Pemerintah Kabupaten Bantul menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lapangan Paseban Bantul, Sabtu (1/10/2022).

Baca juga: Bupati Abdul Halim Siapkan Pengembangan Konservasi Situs Mataram Islam di Bantul

Baca juga: Bupati Abdul Halim Nyantai di Pameran Galery Nasional Jakarta

Kapolres Bantul AKBP Ihsan didapuk sebagai inspektur upacara yang diikuti sejumlah aparatur sipil negara (ASN) dan jajaran Forkopimda Kabupaten Bantul.

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih berpesan untuk anak muda Indonesia, bahwa Pancasila merupakan konsensus nasional, konsensus para pendiri bangsa.

“Maka dari itu, Pancasila harus diikuti dan dijadikan dasar pedoman bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Apabila tidak berpedoman kepada Pancasila, nantinya rawan terjadi benturan-benturan antarsesama anak bangsa,” ujar Abdul Halim Muslih.

Bupati Abdul Halim juga menegaskan, maraknya perkembangan ideologi transnasional yang semakin menjadi-jadi perlu dicegah dengan tameng, yaitu Pancasila.

“Satu caranya dengan menginternalisasi nilai-nilai Pancasila ke dalam kehidupan sehari-hari, pendidikan, lomba-lomba, hingga sosialisasi,” papar Bupati Bantul.

“Karena itulah pada momen Kesaktian Pancasila ini, mari semua belajar lagi menghayati dan mengamalkan Pancasila. Karena, negara yang besar, negara dengan keberagaman budaya, suku dan bangsa ini butuh pemersatu, dan pemersatu yang sudah kita sepakati, yaitu Pancasila,” tandas Halim. (ayu)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved