Berita Kulon Progo

Pengelola Desa Wisata Sermo Gandeng ITNY Kembangkan Experiential Tourism dan Ecotourism Kalitaji

Oleh karena itu Pengelola Desa Wisata sermo merintis kerjasama dengan ITNY, dalam kajian pengembangan Kalitaji sebagai daya tarik wisata

Editor: Hari Susmayanti
Pengelola Desa Wisata Sermo Gandeng ITNY Kembangkan Experiential Tourism dan Ecotourism Kalitaji
Istimewa
Pengelola Desa Wisata Sermo berdiskusi pengembangan wisata dengan perwakilan ITNY

Oleh

Iwan Aminto Ardi, Solikhah Rehno Hidayati, Daru Sugati

Tim Pengabdian kepada Masyarakat, Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY)

 

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Hargowilis merupakan sebuah Kelurahan di Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kelurahan Hargowilis memiliki total luas wilayah keseluruhan sekitar 1453,8384 ha, hampir 99 persen berupa wilayah perbukitan.

Berbatasan langsung dengan Kalurahan Jatimulyo di sebelah Utara, Kalurahan Sendangsari di sebelah Timur, Kalurahan Hargorejo di sebelah Selatan, dan Kalurahan Hargotirto di sebelah Barat.

Secara administratif, wilayah Kalurahan Hargowilis terdiri dari 77 RT dan 29 RW yang meliputi 13 Padukuhan, yaitu Sremo Lor, Klepu, Bibis, Sremo Tengah, Clapar I, Clapar II, Clapar III, Kalibiru, Tegiri I, Tegiri II, Soka, Tegalrejo, dan Sidowayah.

Hargowilis memiliki kawasan wisata yang sudah sangat popular di masyarakat, yaitu kawasan wisata Waduk Sermo, dengan pemandangan alam dan kekayaan biodiversitas yang luar biasa.

Banyak wisatawan yang berkunjung ke Waduk Sermo untuk rekreasi dan menikmati keindahan alam sekaligus kuliner khas Kulon Progo.

Pengelola Desa Wisata Sermo, Mujari, mengungkapkan bahwa berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan kunjungan wisata ke Kawasan Sermo dengan penyediaan berbagai fasilitas dan paket wisata yang menarik.

Namun demikian, belum semua kawasan di sekitar waduk Sermo tergali potensinya, sehingga belum dapat dimaksimalkan untuk pengembangan kegiatan wisata, agar kedepannya kesejahteraaan masyarakat terus meningkat.

Kalitaji merupakan salah satu kawasan berada dalam sistem pengelolaan Desa Wisata Sermo, yang memiliki berbagai potensi yang bisa dikemas untuk daya tarik wisata, tetapi saat ini belum memiliki masterplan pengembangan kawasan untuk menunjang perwujudan kegiatan pariwisata di lokasi tersebut. 

Oleh karena itu Pengelola Desa Wisata sermo merintis kerjasama dengan Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY), dalam kajian pengembangan Kalitaji sebagai daya tarik wisata, khususnya dalam penyusunan masterplan desa wisata dan upaya pemberdayaan masyarakat dalam kegiatan pariwisata setempat.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved