Berita Bantul Hari Ini

BPBD Kabupaten Bantul Usulkan SK Siaga Darurat Kepada Bupati

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul mengusulkan Surat Keputusan (SK) siaga darurat kepada Bupati Bantul.

Istimewa
Kepala BPBD Kabupaten Bantul, Agus Yuli Herwanto. 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul mengusulkan Surat Keputusan (SK) siaga darurat kepada Bupati Bantul.

Hal itu katakan oleh Kepala BPBD Kabupaten Bantul, Agus Yuli Herwanto.

"Kami persiapkan SK siaga darurat dalam menghadapi bencana hidrometeorologi. Tapi baru proses. Semoga nanti lekas di-acc (accoord/ disetujui) dan kami bisa mnggunakan biaya tak terduga," jelasnya, kepada awak media di kantor BPBD Kabupaten Bantul, Senin (3/10/2022). 

Baca juga: Atasi Inflasi, Mentan Minta Gubernur DIY dan PJ Bupati Kulon Progo Jaga Produktivitas Bawang Merah

Pengusulan itu berlangsung selama 26 September-25 Desember 2022.

Sementara itu, Koordinator Pusat Pengendalian Operasional BPBD Kabupaten Bantul, Aka Luk Luk Firmansyah, menuturkan, apabila SK tersebut diterbitkan, pihaknya akan mengadakan rapat koordinasi terlebih dahulu dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di wilayahnya.

Di dalam SK tersebut, BPBD Kabupaten Bantul akan mengaktifkan 29 pos lapangan dan 1 posko utama atau pos induk di Kabupaten Bantul, untuk pencegahan bencana dan monitoring wilayah. 

Baca juga: Polres Magelang Turunkan 400 Personel pada Gelar Operasi Zebra Candi 2022

"Nanti, pos itu berlokasi di kalurahan-kalurahan yang ditunjuk oleh BPBD. Di mana wilayah-wilayah tersebut merupakan wilayah yang mmiliki tingkat kerawanan atau tingkat risiko yang tinggi saat musim hujan," paparnya.

Namun, dalam pelaksanaanya, BPBD Kabupaten Bantul akan melibatkan Forum Pengurangan Risiko Bencana, relawan komunitas, dan OPD terkait untuk membantu proses penanganan saat adanya bencana alam yang tak terduga di wilayahnya.(Nei)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved