Kerusuhan Arema FC vs Persebaya

Kabar Terbaru Tragedi Arema vs Persebaya, Wagub Jatim Emil Dardak: 174 Orang Meninggal Dunia

Update jumlah korban jiwa kerusuhan pertandingan sepak bola Arema FC vs Persebaya, Wagub Jatim Emil Dardak sebut ada 174 nyawa melayang.

SURYAMALANG.COM/PURWANTO
UPDATE Tragedi Arema vs Persebaya, Wagub Jatim Emil Dardak: 174 Orang Meninggal Dunia. Potret kericuhan setelah pertandingan Arema FC vs Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan Malang, Sabtu (1/10/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM - Jumlah korban jiwa tragedi pertandingan sepak bola antara Arema FC vs Persebaya, Sabtu (1/10/2022) terus bertambah.

Dihubungi Kompas TV, Minggu (2/10/2022), Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak melaporkan, jumlah korban jiwa tercatat 174 orang.

“(Jumlah korban jiwa menjadi) 174 orang meninggal dunia. Itu data pukul 10:30 WIB (Minggu, 2 Oktober 2022),” kata Emil Dardak, seperti dikutip Tribunjogja.com dari video pemberitaan Kompas TV, Minggu.

Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak (TRIBUNNEWS)

Pada kesempatan sama, Wagub Jatim Emil Dardak juga mengatakan, ada 11 korban dengan luka berat dan ratusan korban lainnya mengalami luka ringan.

Sebelumnya, Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta melaporkan bahwa ada 127 korban jiwa yang tewas akibat kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jatim.

Dilaporkan Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta, ada 34 orang yang meninggal di tempat, sementara lainnya meninggal saat mendapat perawatan di rumah sakit. 

“Dalam peristiwa tersebut 127 orang meninggal dunia. Dua di antaranya anggota Polri. Yang meninggal di stadion ada 34, sisanya di rumah sakit saat upaya proses penolongan,” ungkap Kapolda Jatim Nico Afinta, seperti dikutip dari Tribunnews, Minggu.

Baca juga: FAKTA-FAKTA Tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang, Sejak Awal Penjualan Tiket Sudah Langgar Aturan

Baca juga: Tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang, Presiden RI Jokowi Minta PSSI Hentikan Pertandingan Liga 1

Baca juga: Mahfud MD Tegaskan Tragedi di Stadion Kanjuruhan Bukan Bentrok antarSuporter Persebaya vs Arema

Santunan dari pemerintah untuk korban kerusuhan pertandingan sepak bola Arema FC vs Persebaya

Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa saat diwawancarai media, Minggu (2/10/2022) pagi. Pemprov Jatim pastikan akan berikan santunan duka cita bagi para korban tragedi pertandingan sepak bola antara Arema FC vs Persebaya.
Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa saat diwawancarai media, Minggu (2/10/2022) pagi. Pemprov Jatim pastikan akan berikan santunan duka cita bagi para korban tragedi pertandingan sepak bola antara Arema FC vs Persebaya. (DOK. KOMPAS TV)

Seperti telah diwartakan Tribunjogja.com sebelumnya, Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa menyampaikan kepada media, Minggu (2/10/2022) pagi bahwa para korban tragedi pertandingan sepak bola antara Arema FC vs Persebaya akan dapat santunan dari pemerintah.

Bagi korban meninggal dunia, Pemprov Jatim akan memberikan santunan duka cita sebesar Rp 10.000.000.

Lebih lanjut, Gubernur Jatim Khofifah mengatakan, pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) akan memberikan santunan duka cita bagi para korban meninggal dunia.

“Untuk yang meninggal, Pemprov (Jatim) akan memberikan santunan masing-masing Rp 10 juta, dan kabupaten juga akan memberikan (santunan duka cita),” kata Gubernur Jatim Khofifah, seperti dikutip Tribunjogja.com dari video pemberitaan live Kompas TV, Minggu.

Sementara itu, korban luka berat dan yang dalam tindakan medis juga akan mendapat santunan dari Pemprov Jatim.

Dana santunan untuk masing-masing korban luka adalah Rp 5.000.000. Adapun seluruh biaya rumah sakit akan ditanggung oleh pihak Pemprov Jatim.

“Kemudian (untuk korban) yang luka berat, yang dalam tindakan (medis), maka Pemprov akan berikan Rp 5 juta (sebagai) bagian dari empati kami kepada korban, keluarga, dan mereka yang sekarang sedang dirawat dan membutuhkan tindakan (medis),” ujar Khofifah. (Tribunjogja.com/ANR)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved