Ternyata Ini Alasan Kenapa Prilly Latuconsina Bisa Mengajar di UGM, Bukan karena Privilege

Aktris Prilly Latuconsina mengajar di Departemen Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Gadjah Mada (UGM)

Penulis: Ardhike Indah | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM/Ardhike Indah
Aktris Prilly Latuconsina mengajar di Departemen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Gadjah Mada (UGM), Kamis (29/9/2022). Ia mengikuti program Praktisi Mengajar, bagian dari MBKM dan mengajar Kajian Selebritas. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ardhike Indah

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Aktris Prilly Latuconsina mengajar di Departemen Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Gadjah Mada (UGM), Kamis (29/9/2022).

Dia mengajar Kajian Selebritas yang menjadi mata kuliah unggulan peminatan Media Entertainment di departemen tersebut.

Pada kelas ini, Prilly memberikan materi terkait Selebritisasi dan Selebrifikasi, serta berdiskusi dengan mahasiswa pada sesi tanya jawab. 

Lantas, bagaimana Prilly Latuconsina bisa mengajar di UGM?

Ternyata, dia mengikuti program Praktisi Mengajar yang menjadi bagian dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Baca juga: Dinas Kebudayaan DIY Gelar Sosialisasi tentang Warisan Dunia di 14 Kelurahan DI Yogyakarta

Program Praktisi Mengajar diluncurkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada tahun 2022 untuk mengatasi problem kesenjangan antara keahlian lulusan dan kebutuhan dunia kerja.

Program itu membuka kesempatan bagi praktisi handal di berbagai bidang untuk mengajar di kelas dan membagikan keterampilan serta pengalaman nyata dari dunia industri.

“Saya bisa berada di sini bukan karena privilege (keistimewaan) Prilly Latuconsina ya,” kata dia sembari tertawa seusai mengajar.

Prilly mengakui, dia tidak ditawarkan oleh UGM untuk ikut mengajar di situ.

“Saya daftar formal di website praktisi mengajar, submit segala dokumen, termasuk CV. Semuanya. Sampai menunggu kabar dan dapat tawaran dari UGM. Saya melewati proses sebagaimana mestinya,” jelas dia.

Baca juga: Dispertaru DIY Bentuk Tim Persiapan Pembebasan Lahan Tol Yogyakarta-Bandara YIA

Maka, Prilly berharap, ada lebih banyak praktisi yang bisa mengikuti program Praktisi Mengajar untuk mendekatkan mahasiswa dengan dunia industri.

Koordinator Praktisi Mengajar UGM Tingkat Universitas, Ganies Riza A., S.Si., M.Sc. menjelaskan, Prilly mengikuti program jangka pendek, sehingga dia hanya mengajar mata kuliah selama dua pertemuan.

“Nanti sekiranya di bulan Oktober 2022, Prilly akan datang mengajar lagi ke UGM,” tukasnya. (Ard)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved