Dugaan Kasus Korupsi di UPC Brosot, PT Pegadaian Tegaskan Penyelesaian Kasus Telah Sesuai Hukum

Dari kejadian tersebut, PT Pegadaian mengambil sikap tegas agar kasus diselesaikan sesuai hukum yang berlaku. 

Penulis: Sri Cahyani Putri | Editor: Muhammad Fatoni
Dok.TRIBUNJOGJA.COM
PT Pegadaian 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Kepala Pegadaian Unit Pelayanan Cabang (UPC) Brosot di Kabupaten Kulon Progo berinisial YFH tersandung kasus dugaan tindak pidana korupsi (tipikor).

Atas perbuatannya, perusahaan mengalami kerugian mencapai Rp4,9 Miliar.

Dari kejadian tersebut, PT Pegadaian mengambil sikap tegas agar kasus diselesaikan sesuai hukum yang berlaku. 

"Kami sangat mendukung program Kementerian BUMN melakukan bersih-bersih terhadap oknum karyawan yang tidak amanah dan mencederai implementasi budaya akhlak di perusahaan BUMN maupun perusahaan anak. Sikap tegas penting agar masyarakat tetap percaya bahwa pegadaian konsisten menjunjung tinggi prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik, utamanya prinsip keadilan sesuai ketentuan hukum yang berlaku," jelas Yudi Sadono, Sekretaris PT Pegadaian, dalam keterangan tertulisnya yang diterima Tribun Jogja, Rabu (21/9/2022).

Lebih lanjut, dalam kasus tersebut tidak ada kerugian nasabah.

Oleh karenanya, ia mengimbau agar masyarakat tidak perlu khawatir untuk terus bertransaksi di pegadaian. 

Yudi menyampaikan bahwa selain mempertanggungkan perbuatan secara hukum, pelaku juga mendapatkan sanksi disiplin dari perusahaan. 

"Kami berharap langkah hukum ini menimbulkan efek jera bagi pelaku sekaligus peringatan bagi karyawan lain yang berfikir untuk melakukan tindak kejahatan. Perusahaan tidak main-main terhadap karyawan yang berbuat salah. Sebaliknya perusahaan konsisten memberikan penghargaan kepada karyawan yang memberikan kontribusi terbaik bagi perusahaan," ucap Yudi. 

Sebelumnya, Kepala Kejaksaan Negeri Kulon Progo, Ardi Suryanto, mengatakan pihaknya telah selesai melakukan penyelidikan terkait perkara tindak pidana korupsi di Pegadaian UPC Brosot yang dilakukan oleh tersangka selama kurun waktu 2019 hingga awal 2022.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved