Breaking News:

KONI DIY Targetkan 300 Atlet Mentas di PON XXI Aceh-Sumut 2024 Mendatang

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DI Yogyakarta menargetkan sekitar 300 atletnya mentas di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumate

TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DI Yogyakarta menargetkan sekitar 300 atletnya mentas di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara (Sumut) 2024 mendatang.

Jumlah itu meningkat dari angka keikutsertaan atlet DIY di PON Papua 2021 lalu yang berjumlah 100an atlet.

"Kalau di PON Papua lalu DIY lolos di 19 cabor, maka PON besok minimal sama dengan Papua jumlah cabornya. Kalau untuk jumlah atletnya, kalau di Papua sekitar 100an atlet, di Aceh-Sumut besok harapan kami bisa seperti di Jawa Barat atau dua kali lipatnya dari Papua, sekitar 200-300 atlet," terang Ketum KONI DIY, Djoko Pekik Irianto, Selasa (20/9/2022).

Baca juga: PT Astra Honda Motor (AHM) Luncurkan Motor Besar New CBR250RR

Dalam hal ini KONI DIY akan mengupayakan kepada seluruh Pengurus Daerah (Pengda) cabor untuk melakukan persiapan secara maksimal menuju PON. Pasalnya, yang bisa membawa atlet tampil di PON hanya melalui ajang Pra Kualifikasi PON.

"Saat ini kami menggelar persiapan berupa Pemusatan Latihan Daerah (Puslatda) Pra PON, nah di luar program ini masih banyak atlet yang nantinya juga akan tampil di Pra PON melalui pembinaan masing-masing Pengda cabor. Untuk itulah, di setiap kesempatan kami selalu mendorong Pengda cabor untuk melakukan persiapan menuju Pra PON," ungkapnya.

Djoko menambahkan, angka 300 atlet yang dibidik itu cukup realistis jika dilihat dari situasi. Pada PON Aceh-Sumut nanti ada penambahan jumlah cabor dan nomor yang cukup signifikan.. 

"Kemarin ada 10 cabor yang batal tanding di PON Papua, nah beberapa diantaranya andalan DIY, seperti balap sepeda dan dansa. Selain itu ada juga cabor baru, hapkido yang juga jadi andalan kami," ungkapnya.

Djoko Pekik memaparkan, informasi tersebut dari hasil Rakernas KONI Pusat lalu yang PON XXI Aceh-Sumut 2024 mendatang, akan diikuti 65 cabor dengan menandingkan dan melombakan sebanyak 1.024 nomor.

"Kemarin awalnya 64 cabor, tapi di Rakernas ditetapkan jadi 65 karena binaraga tetap dilombakan. Untuk nomornya pertandingan dan perlombaannya ada 1.024," ucapnya.
 
Jumlah nomor pertandingan/perlombaan ini menurut Djoko menjadi rekor tersendiri dalam sejarah penyelenggaraan ajang olahraga multi event terbesar di Indonesia. Pasalnya, pada PON sebelumnya jumlah nomor yang dilombakan/ditandingkan hanya sekitar 600 nomor saja. 

Baca juga: Karyawan Bengkel di Ngaglik Sleman Nekat Curi Handphone dan Barang-barang di Tempat Kerja

"Ini rekor dan jadi sejarah tersendiri. Terakhir Papua itu 668 nomor, Olimpiade itu 300 nomor saja, Asian Games 400an nomor, idealnya PON itu sekitar 600 nomor saja, tapi ini 1.000an," tuturnya.

Meningkatnya jumlah nomor yang ditandingkan pada PON mendatang menurut Djoko Pekik terkait pelaksanaan PON kali ini yang berlangsung di dua provinsi. 

"Kami sudah usulkan untuk dibahas ulang, tapi sepertinya memang tidak bisa. Mungkin kedepan harus satu pemikiran bersama untuk membawa PON ini menjadi sarana menuju SEA Games, Asian Games atau Olimpiade," tutupnya. (tsf)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved