Tips Kesehatan

Daftar 5 Asupan Wajib yang Aman untuk Penderita Tekanan Darah Rendah

Apabila tekanan darah Anda diukur dan diketahui di bawah 90/60 mmHg, saat itu lah Anda perlu memeriksakannya atau mengambil tindakan agar tekanan dara

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Yoseph Hary W
internet
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Bila Anda adalah seorang yang memiliki tekanan darah rendah, waspada jika merasakan pusing, lemah, mual, dan penglihatan kabur. Dalam kondisi tersebut, bisa jadi tekanan darah rendah sedang menyerang Anda. 

Ilustrasi angka hasil pengukuran hipertensi atau tekanan darah tinggi
Ilustrasi angka hasil pengukuran hipertensi atau tekanan darah tinggi (unair.ac.id)

Mengingat sama berbahayanya dengan tekanan darah tinggi (hipertensi), penderita tekanan darah rendah bisa mengonsumsi beberapa jenis makanan dan minuman tertentu untuk bisa menormalkannya.

Apabila tekanan darah Anda diukur dan diketahui di bawah 90/60 mmHg, saat itu lah Anda perlu memeriksakannya atau mengambil tindakan agar tekanan darah kembali normal.

Penting diketahui pula bahwa darah rendah dipicu oleh banyak faktor seperti stres, gula darah rendah, dehidrasi, dan perubahan pola makan.

Untuk mengatasinya, berikut makanan yang baik dan aman dikonsumsi oleh penderita darah rendah:

1. Air

Dehidrasi bisa menurunkan volume darah yang menyebabkan tekanan darah rendah. Maka sangat penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi terutama saat setelah berolahraga.

2. Makanan tinggi vitamin B12

Penderita darah rendah sebaiknya mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12. Sebab, kekurangan vitamin B12 menyebabkan anemia yang menurunkan tekanan darah.

Telur adalah makanan yang tinggi vitamin B12. Anda bisa mengonsumsi telur dengan cara direbus atau di orak-arik.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved