Polisi Tembak Polisi

Penasihat Kapolri Sebut Ferdy Sambo Diback Up Kakak Asuh, Minta Polisi Usut Tuntas

Sejumlah pejabat aktif dan yang sudah purna tugas diduga masih memback up Ferdy Sambo dalam kasus pembunuhan Brigadir J

Penulis: Hari Susmayanti | Editor: Hari Susmayanti
Istimewa
Ferdy Sambo dan sang istrinya Putri Candrawathi menampakkan kemesraan saat proses rekonstruksi pembunuhan terhadap Brigadir Yosua Hutabarat alias Brigadir J di Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan, Selasa (30/8/2022). Irwasum Polri Komjen Pol Agung Budi Maryoto membenarkan pengajuan permohonan penangguhan penahanan istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi diterima oleh pihak kepolisian. Menurut Agung, permohonan itu diterima saat Putri diperiksa oleh penyidik di Bareskrim Polri pada Rabu (31/8/2022) 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Sejumlah pejabat aktif dan yang sudah purna tugas diduga masih memback up Ferdy Sambo dalam kasus pembunuhan Brigadir J.

Pihak yang memback up Ferdy Sambo ini diduga berusaha untuk meloloskan mantan Kadiv Propam Polri tersebut dari jerat hukum atau meringankan hukumannya.

Informasi mengenai kakak asuh yang menjadi back up Ferdy Sambo ini disampaikan oleh penasihat ahli Kapolri Jenderal Listyo Sigit, Muradi.

Muradi mengatakan, otak kasus pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J ini mendapatkan back up dari kakak asuh, khususnya dari pejabat yang sudah pensiun atau purna tugas.

Kakak asuh yang memberikan back up terhadap Ferdy Sambo ini menurutnya masih menjalin komunikasi secara intens.

"Katakanlah minggu lalu mereka masih berkomunikasi (Ferdy Sambo dan kakak asuh), masih yang paling vulgar ketika FS enggak mengakui menembak, dalam rekonstruksi buat saya implisit dia masih punya power. Masih ada back up di situ (kepolisian)," kata Muradi dikutip dari Kompas.com, Kamis (15/9/2022).

Muradi menjelaskan, pihak-pihak yang menjadi kakak asuh Ferdy Sambo ini adalah para pejabat kepolisian yang masih menjabat di posisi strategis kepolisian maupun yang sudah pensiun.

Meski tidak terlibat dalam kasus kriminal yang dilakukan oleh Ferdy Sambo, namun kakak asuh ini berperan untuk mendorong mantan Kadiv Propam tersebut bisa lolos dari jerat hukum atau meringankan hukuman.

Muradi pun meminta agar polisi bisa mengungkap dan mengusut tuntas keterlibatan para kakak asuh dalam kasus Ferdy Sambo ini.

"Saya berharap (pemeriksaan) menyentuh yang sudah pensiun, karena ini jauh punya power mengendalikan FS, yang memberi beliau (Ferdy Sambo pangkat) jenderal, dan sebelum (kakak asuh ini) pensiun juga jadikan (Ferdy Sambo) Kadiv Propam, saya kira itu perlu dikejar juga," kata Muradi.

Muradi pun aparat kepolisian untuk tidak takut mengusut pihak-pihak yang menjadi kakak asuh Ferdy Sambo.

Pengusutan keterlibatan para senior kepolisian ini penting agar proses persidangan kasus Sambo bisa berjalan dengan mulus.

"Itu perlu ada langkah cepat sebelum persidangan, poin ketiga tadi, mengusut keterlibatan kakak asuh, apakah terlibat atau tidak," kata Muradi.

Baca juga: Tanda Tanya Hasil Tes Kebohongan Putri Candrawathi, Ferdy Sambo dan Susi

Komentar Kamaruddin Simanjuntak

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved