Advetorial

BBPPKS Yogyakarta Beri Pelatihan Pengolahan Pangan Berbahan Melinjo dan Garut Bagi Warga Triharjo

Pelatihan ini dilaksanakan selama tiga hari mulai 6-8 September 2022 lalu di rumah Lurah Triharjo, Kapanewon, Pandak, Kabupaten Bantul, Daerah

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Kurniatul Hidayah
istimewa
Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Yogyakarta menggelar pelatihan pemberdayaan masyarakat melalui keiwausahaan sosial, berupa Olahan Pangan Berbahan Dasar Melinjo dan Garut. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Yogyakarta menggelar pelatihan pemberdayaan masyarakat melalui keiwausahaan sosial, berupa Olahan Pangan Berbahan Dasar Melinjo dan Garut.

Pelatihan ini dilaksanakan selama tiga hari mulai 6-8 September 2022 lalu di rumah Lurah Triharjo, Kapanewon, Pandak, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Olahan Pangan dari Melinjo dan Garut dipilih, karena banyak masyarakat di Pandak bekerja sebagai pengrajin Mlinjo dan Garut.

Dalam pelatihan ini, para peserta dilatih untuk mengolah Garut dan melinjo menjadi olahan yang lebih bervariasi.

Mulai dari brownis garut, cookies, melinjo, egroll garut dan emping melinjo hijau.

Emping hijau adalah jenis olahan emping yang dibuat dengan menambahkan daun suji dan pegagan.

Daun Suji untuk memberi warna hijau sehinga berbeda dari emping yang biasa. Daun pegagan untuk menetralkan kandungan purin, sehingga emping melinjo tidak lagi menakutkan sebagai penyebab penyakit asam urat, jika mengkonsumsi emping.

Pelatihan dilakukan sebagai tindak lanjut respon kasus yang pernah dilakukan BBPPKS Yogyakarta dan Sentra Prof. Dr. Soeharso, Solo terhadap Ibu Suparmi (45 thn) seorang penyandang disabilitas fisik.

Ketika itu viral diberitakan, ibu Suparmi penumbuk Melinjo memerlukan kursi roda.

Kepala BBPPKS Yogyakarta, Eva Rahmi Kasim, BBPPKS Yogyakarta melaksanakan kegiatan pemberdayaan masyarakat bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved