Porda XVI DIY 2022

KONI DIY : Porda XVI Sudah 'On The Track’

Penekanan netralitas, objektivitas dan sporti­vi­tas terus terjaga dalam setiap pertandingan dan perlombaan yang digelar.

Editor: Hari Susmayanti
Istimewa
Wakil Gubernud DIY Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Paku Alam X menerima Piala Bergilir Porda DIY dari Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Pekan Olahraga Daerah (Porda) XVI DIY 2022 yang pertandingannya berjalan se­jak 29 Agustus lalu, dinilai Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DIY, Prof Dr H Djoko Pekik Irianto MKes AIFO sudah on the track.

Penekanan netralitas, objektivitas dan sporti­vi­tas terus terjaga dalam setiap pertandingan dan perlombaan yang digelar.

“Kalau kita lihat dari persiapan dan pelaksanaan, kami merasa Porda kali ini sudah menunjukkan seperti yang kita inginkan. Dalam pelaksanaan pertandingan, meski ada beberapa kasus, tapi bisa diselesaikan. Semua Pengda berupaya melaksanakan seperti yang telah dipesankan, jaga netralitas, objektivitas dan sportivitas," kata Djoko Pekik.

Salah satu wujud untuk terus menjaga netralitas, objektivitas dan sportivitas, sejumlah cabor mengundang wasit atau juri  dari luar daerah dengan lisensi nasional dan bahkan internasional untuk memimpin pertandingan atau perlombaan.

Dengan kebijakan tersebut diharapkan pelaksanaan pertandingan atau perlombaan lancar dan sportivitas terus dijaga.

Meskipun dalam perjalanannya tetap muncul beberapa kasus, namun hal tersebut dapat diselesaikan dan akan menjadi bahan evaluasi menyeluruh KONI DIY untuk terus menyempurnakan pelaksanaan Porda DIY ke depannya.

"Kemarin muncul kasus seperti di woodball, tapi akhirnya juga selesai dengan pegangan regulasi. Untuk ketentuan khusus dalam sebuah pertandingan, acuan di THB (Technical Handbook)" ucapnya.

Pelaksanaan pertandingan dan perlombaan Porda yang dirasa berjalan lancar ini menurut Djoko tak lepas dari kondisi venue cabor yang sudah cukup bagus.

Baca juga: Peluang Sleman Juara Umum Porda XVI 2022 Terbuka Lebar, Pimpin Perolehan Medali

Baca juga: DAFTAR Perolehan Sementara Medali Emas Porda XVI DIY 2022di Hari ke-5, Kontingen Sleman Memimpin

"Jauh hari kami sudah tekankan, untuk memberikan dan menjaga kualitas pertandingan, maka standardisasi venue juga harus dijaga. Kami bersyukur, venue yang digunakan pada Porda kali ini sudah bagus," paparnya.

Bahkan, demi menjaga standardisasi, Kabupaten Sleman  yang mendapat mandat ketempatan Porda tahun ini membangun dua venue baru untuk cabor menembak dan berkuda nomor equistrian.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved