Peparda III DIY

Kontingen Bantul Dulang Banyak Medali di Cabor Para Atletik dan Para Renang Peparda III DIY

Kontingen paralimpian Kabupaten Bantul dominasi cabang olahraga (cabor) para atletik dan para renang Pekan Paralimpik Daerah (Peparda) III DIY 2022

TRIBUNJOGJA.COM/ Taufiq Syarifudin
Peraih medali emas para atletik nomor 100 meter T12 putra Peparda III 2022, Senin (5/9/2022) di Lintasan Atletik Stadion UNY. 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Kontingen paralimpian Kabupaten Bantul dominasi cabang olahraga (cabor) para atletik dan para renang Pekan Paralimpik Daerah (Peparda) III DIY 2022, Senin (5/9/2022).

Dalam cabor para atletik, Bantul sukses merengkuh 10 medali emas. Jumlah medali ini diraih oleh Teguh Widodo di nomor lari 100 meter TF11 Putra, Nurfendi di lari 100 meter T12 Putra, Siti Komara lari 100 meter T20 Putri, Anggun Nofita Sari di lari 100 meter TRW putri, Dhimas Pramajaya lari 100 meter TRW putra, Alghony Nurohman di nomor lari 100 meter TDTF 35-38 CP putra, Jejen Dianto di nomor tolak peluru TF11 Putra dan lempar cakram F11 Putra.

Baca juga: DAFTAR Rincian Bidang Tanah Proyek Tol Yogya-Bawen yang Izin Pelepasannya Harus ke Kasultanan

Pelatih para atletik Bantul, Efi Maghfiroh mengatakan ajang Peparda kali ini punya target untuk meraup 24 medali emas. Persiapan dilakukan sejak lama dengan total sebanyak 15 atlet.

“Sebenarnya ada 18-19 atlet tapi karena banyak yang dicoret karena tidak memenuhi syarat jadi hanya 15 yang main. Sebagian ada yang main di 2-3 nomor, andalan kami di lari, lari 100 meter,” katanya.

Selain 10 medali emas, Bantul juga mendapatkan 6 medali perak dan 1 perunggu. Kemudian Sleman mendapatkan delapan emas, 13 perak, dan 5 perunggu. Di bawahnya ada Gunungkidul dengan 4 emas, 1 perak, dan 1 perunggu. Kulon Progo mendapatkan 2 emas, 3 perak, dan 7 perunggu ada di peringkat empat dan kota Yogyakarta dengan 2 emas, 3 perak, dan 1 perunggu di peringkat bawah klasemen.

Prestasi di cabor para atletik ternyata menular ke cabor para renang, wakil Bantul sukses merebut predikat juara umum dengan perolehan empat medali emas.

Bertarung di Kolam Renang FIK UNY, memenangkan empat medali emas atas nama Irvan di nomor 50 meter gaya bebas putra klasifikasi S14 dan 50 meter gaya dada putra, Netiana Nurdiansyah di nomor 50 meter gaya bebas putri klasifikasi S15, serta Daffa Dwitra di nomor 50 meter gaya dada putra klasifikasi S15.
Pelatih para renang Bantul, Tantris Damarjati, menyebut timnya juga berhasil meraih tiga medali perak dan tiga medali perunggu di ajang ini. 

“Targetnya dari awal saya hanya dua emas tapi anak-anak tampil luar biasa Alhamdulillah bisa melebihi target dan juara umum. Dari Bantul ada 3 putra dan 2 putri, hampir semua mendapat medali,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama penanggung jawab cabang olahraga renang Peparda III DIY 2022 Tri Sugiyono mengatakan ada 15 atlet yang ikut di ajang tahun ini. Mereka terbagi dalam dua klasifikasi yakni S14 dan S15. 

Baca juga: Kontruksi Jalan Tol Yogya-Bawen Dibuat 2 Meter dari Sisi Luar Jalan Inspeksi Selokan Mataram 

Seluruhnya terbagi dalam sembilan nomor pertandingan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved