Berita Sleman Hari Ini

Para Menteri Motoran Bareng di Kampus UGM, Ada Budi Karya Sumadi Hingga Mahfud MD

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengajak Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, & HAM (Menkopolhukam) Mahfud MD, Menteri Luar Negeri

Penulis: Ahmad Syarifudin | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM/ Ahmad Syarifudin
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, bersama Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, & HAM (Menkopolhukam) Mahfud MD, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, diiringi Komunikasi Motor Yogyakarta motoran bareng di area Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dalam rangka road safety campaign, Sabtu (27/8/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengajak Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, & HAM (Menkopolhukam) Mahfud MD, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, diiringi Komunikasi Motor Yogyakarta riding bareng di area Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Sabtu (27/8/2022).

Kegiatan yang mengambil start di sebelah gedung Grha Sabha Pramana menuju Food Park UGM ini dalam rangka kampanye keselamatan di jalan atau road safety campaign. 

"Kecelakaan (lalulintas) itu 73 persen adalah naik motor, dan mayoritas anak muda. Nah, Langkah kecil kami mengingatkan ini, semoga menjadi baik," kata Budi Karya Sumadi. 

Baca juga: 5 Film Terbaru yang Sedang Tayang di Bioskop Hari Ini: Ada Sayap-sayap Patah, Mencuri Raden Saleh

Menurut dia, keselamatan berkendara di jalan raya bukan hanya milik Kementerian Perhubungan saja.

Tetapi milik bersama. Hanya saja, Kementerian Perhubungan memang yang mengemban tugas dari Negara untuk menjaga dan menjamin keselamatan lalulintas di jalan.

Karena itu, diselenggarakan road safety campaign dengan tujuan mengingatkan, terutama anak-anak muda tentang pentingnya keselamatan berkendara di jalan raya. 

"Saya begitu excited, pak Menko memberikan dukungan, satu hal bahwa ini ada dampak luar biasa," tuturnya. 

Sebelum mulai berkendara, para Menteri terlihat memakai sarung tangan dan helm SNI sebagai standar keselamatan mengendarai sepeda motor.

Selanjutnya, riding santai dengan rute mengitari kampus UGM.

Pemberhentian terakhir di Food Park.

Di tempat tersebut, para Menteri bersama Rektor UGM, Prof Ova Emilia meninjau pameran motor modifikasi. Kemudian dilanjutkan mini talkshow dan spesial performance dari Armand Maulana. 

Menkopolhukam Mahfud MD mengaku gembira bisa mengikuti rangkaian kegiatan kampanye keselamatan di jalan.

Menurut dia, keselamatan berlalulintas di jalan sangat penting.

Karena nyawa manusia yang terbunuh di jalan akibat kecelakaan lalu lintas jauh lebih banyak dari korban Covid-19 dan jauh di atas rata-rata penyakit lain. 

Baca juga: OJO DIBANDINGKE! 7 SHIO Ini Apes Dijauhi Dewi Fortuna Menurut Ramalan Shio Sabtu 27 Agustus 2022

"Sebab itu, mari kita sambut baik kegiatan dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan. Yang oleh negara ditugasi untuk menjamin dan menjaga keselamatan lalu lintas di jalan," katanya. 

Dalam rangkaian kegiatan itu juga ada deklarasi yang dibacakan oleh perwakilan mahasiswa tiap kampus di DIY sebagai komitmen bersama tentang keselamatan berkendara.

Rektor UGM Prof. dr. Ova Emilia mengatakan keselamatan berlalulintas di jalan sebenarnya berkaitan dengan perilaku.

Sehingga kegiatan kampanye keselamatan di jalan yang diselenggarakan di lingkungan kampus sangat bagus. 

"Karena pengguna motor (mayoritas) anak muda, dan mahasiswa di kampus yang diharapkan menjaga keselamatan, dan memberikan contoh baik keselamatan di jalan," ujar dia. (rif)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved