Berita Klaten Hari Ini

Kunjungan Wisata di Klaten Turun 6 Ribu, Biasanya 21.000 Ribu Pengunjung Per Hari Kini 15.042

Beragam faktor mempengaruhi penurunan jumlah kunjungan wisatawan itu mulai dari telah berakhirnya libur sekolah hingga faktor cuaca

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Muhammad Fatoni
TRIBUN JOGJA / ALMURFI SYOFYAN
Suasana Objek Wisata Umbul Pluneng di Desa Pluneng, Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten, Selasa (5/10/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Tingkat kunjungan wisatawan di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah mengalami penurunan hampir 6.000 ribu pengunjung per hari.

Hal itu dicatat oleh Dinas Kebudayaan Pariwisata Olahraga dan Pariwisata (Disparbudpora) Klaten pada kunjungan bulan Juli 2022.

Beragam faktor mempengaruhi penurunan jumlah kunjungan wisatawan itu mulai dari telah berakhirnya libur sekolah hingga faktor cuaca yang sulit diprediksi.

"Setelah lebaran jumlah wisatawan ke Klaten menurun 30 persen dikarenakan anak-anak mulai masuk sekolah," ujar Kepala Disbudporapar Klaten, Sri Nugroho, pada TribunJogja.com, Jumat (26/8/2022).

Ia mengatakan, pada bulan Juli 2022 kunjungan wisatawan ke seluruh objek wisata di Klaten hanya 15.042 pengunjung.

Jumlah itu berkurang sekitar 6.000 pengunjung bila dibandingkan dengan periode libur lebaran dan sekolah yang mencapai 21.000 wisatawan setiap harinya.

Nugroho menyebut, saat ini Kabupaten Klaten berada pada PPKM Level 1 sehingga meski objek wisata telah dibuka 100 persen namun penerapan protokol kesehatan masih terus dilakukan.

Sementara itu, Direktur BUMDes Pluneng, Agus Harianto mengatakan bahwa kunjungan ke objek wisata air Umbul Pluneng juga cenderung menurun sejak beberapa waktu terakhir.

Ia menyebut, dalam sehari kunjungan wisatawan ke objek wisata itu cuma 200 sampai 300 pengunjung per hari.

"Kalau akhir pekan kunjungan wisata bisa 500 tapi kalau hari normal cuma 200 sampai 300, kalau per bulan kurang dari 10.000 ribu," ucapnya.

Menurutnya, penurunan kunjungan ke objek wisata itu terjadi karena beberapa faktor mulai dari cuaca dan berakhirnya musim liburan anak sekolah. (*)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved