Tips Kesehatan

Tips Mencegah Gagal Ginjal dari dr Zaidul Akbar, Batasi Konsumsi Bahan Ini

Dari penjelasan dr. Zaidul Akbar, gula pasir dapat meningkatkan kadar glukosa di dalam darah memicu diabetes dan gagal ginjal

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Rina Eviana
net
Ilustrasi organ ginjal 

Tribunjogja.com - Gagal ginjal adalah kondisi ketika organ tersebut sudah mengalami kerusakan parah, sehingga mengalami malfungsi dan tidak dapat menyaring racun dari tubuh.

Apabila seseorang sudah mengalami kondisi tersebut, maka cuci darah pun secara rutin wajib dilakukan untuk menggantikan kinerja ginjal dalam menyaring racun.

Oleh sebab itu, gagal ginjal sangat berbahaya dan wajib Anda hindari, salah satunya dengan mengetahui bahan makanan penyebab penyakit tersebut.

Tanda-tanda penyakit ginjal kronis
Tanda-tanda penyakit ginjal kronis (Shutterstock)

Mengutip dari Instagram @zaidulakbar, ternyata ada satu bahan makanan yang wajib Anda batasi konsumsi setiap harinya kalau enggak mau kenal gagal ginjal di masa tua.

Berdasarkan penjelasan sang dokter, bahan makanan yang dimaksud adalah gula pasir.

Dari penjelasan dr. Zaidul Akbar, gula pasir dapat meningkatkan kadar glukosa di dalam darah dan menyebabkan seseorang terkena diabetes.

Tidak banyak yang tahu bahwa diabetes secara perlahan akan merusak jaringan-jaringan kecil dari ginjal yang berfungsi untuk menyaring racun.

Kerusakan tersebut terjadi akibat ginjal yang harus secara ekstra menyaring kadar-kadar glukosa di dalam tubuh untuk dikeluarkan melalui urine.

Baca juga: Waspada, Jika Air Kencing Berwarna Gelap Bisa Jadi Tanda-tanda Awal Kena Penyakit Ginjal

Dalam jangka panjang, diabetes pun pada akhirnya akan menyebabkan seseorang terkena gagal ginjal.

Maka dari itu, Anda harus bisa mulai membatasi konsumsi gula pasir sebagai bahan makanan yang dapat menyebabkan gagal ginjal di kemudian hari.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved