Berita Politik Terbaru Hari Ini

Partai Ummat DIY Tegaskan Dukungan untuk Calon DPD RI Utusan Muhammadiyah

DPW Partai Ummat DIY membuat gebrakan, dengan menyatakan dukungannya kepada Syauqi Soeratno, untuk menjadi calon anggota Dewan Perwakilan Daerah

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM/ Azka Ramadhan
Syauqi Soeratno (berdiri), saat didapuk sebagai pembicara dalam pengajian akbar peringatan tahun baru 1444 Hijriyah, di Kantor DPW Partai Ummat DIY, Kota Yogyakarta, Senin (22/8/2022) malam. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - DPW Partai Ummat DIY membuat gebrakan, dengan menyatakan dukungannya kepada Syauqi Soeratno, untuk menjadi calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI wakil DIY, periode 2024-2029 mendatang.

Dukungan itu ditandaskan Ketua DPW Partai Ummat DIY, Dwi Kuswantoro, di sela pengajian akbar peringatan tahun baru 1444 Hijriyah, Senin (22/8/2022) malam.

Dalam kesempatan itu, Syauqi Soeratno pun didapuk sebagai pembicara.

Baca juga: Sebanyak 4.265 Maba UIN Suka Ikuti Sosialisasi Pembelajaran, Rektor : Jalin Relasi Sebanyaknya

Sebagai informasi, Syauqi sendiri sudah mendapatkan 'tiket' bakal calon senator, selaras hasil dan keputusan Musyawarah Pimpinan Wilayah Khusus (Muspimwilsus) Muhammadiyah DIY, yang digelar pada pertengahan Juli 2022 lalu.

Sehingga, pada Pemilu 2024 mendatang, sosok yang saat ini menjabat Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI DIY tersebut, bakal menggantikan posisi Afnan Hadikusumo, yang sudah diusung Muhammadiyah, di tiga periode beruntun.

"Mas Syauqi Insyaallah jadi calon DPD RI 2024-2029. Kami hadir lengkap, DPD, DPC, lalu perwakilan Garda dan Permata Ummat, kami siap mendukung penuh," ujar Dwi Kuswantoro, disambut teriakan setuju, dari sekitar 150 hadirin.

Ia mengatakan, meski partai politik tak boleh memberikan dukungan secara formal di pemilihan Anggota DPD RI, Partai Ummat tetap memiliki arah tersendiri, mengingat sebagian besar konstituennya ialah warga Muhammadiyah.

"Terlebih, Mas Syauqi ini punya kompetensi, salah satu kader muda terbaik yang dimiliki Muhammadiyah. Jadi, ya, beliau memang layak jadi wakil DIY di DPD RI," tandasnya.

Baca juga: Persik Kediri 0-2 PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro: Ini Sesuatu yang Spesial

Sementara, Syauqi Soeratno, menyampaikan, sebenarnya tidak terbesit rencana untuk ikut memperebutkan kursi DPD RI wakil DIY.

Hanya saja, ketika Muhammadiyah memberi amanat, ia harus tegak lurus, serta mengikutinya.

"Bahkan, tak ada pemikiran satu detikpun, untuk berangkat sebagai calon DPD RI. Tapi, Pak Afnan Hadikusumo yang saat ini di DPD, lima tahun lalu sudah mengingatkan pada saya, bahwa beliau masuk periode kedua," terang Syauqi.

"Sehingga, saya pun diminta harus siap, ketika nanti umat menghendaki. Potongan saya itu kan petugas persyarikatan yang siap ditugasi ngetan ngulon," lanjutnya. (aka)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved