Pendidikan

Mahasiswa Amikom Yogyakarta Raih Juara Kelima Bug Bounty Kemendikbudristek 2022 

Kompetisi ini diikuti oleh insan pendidikan mulai dari siswa, mahasiswa, guru, dan dosen dan diselenggarkaN  pada 27 Juni-8 Juli 2022 lalu.

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Hari Susmayanti
Istimewa
Daftar pemenang kompetuisi Bug Bounty Kemendikbudristek 2022  

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Mahasiswa Teknik Komputer Universitas AMIKOM Yogyakarta, Paska Parahita, berhasil menjadi salah satu pemenang Bug Bounty Kemendikbudristek 2022  yang diselenggarakan oleh Pusdatin Kemendikbudristek melalui tim Education Computer Security Incident Response Team (EduCSIRT).

Kompetisi ini diikuti oleh insan pendidikan mulai dari siswa, mahasiswa, guru, dan dosen dan diselenggarkaN  pada 27 Juni-8 Juli 2022 lalu.

Tema yang diangkat dalam Bug Bounty Kemendikbudristek 2022 adalah  "Share & Protect" .

Sesuai dengan nama dan temanya, kompetisi ini  bertujuan untuk  mewadahi bug hunter dari kalangan insan pendidikan untuk berkontribusi dan melatih kemampuannya di bidang keamanan informasi.

Para pencari bug (Bug Hunter) ikut terlibat dalam mencari celah keamanan pada layanan elektronik yang sudah ditentukan Tim EduCSIRT dan pengelola layanan elektronik di lingkungan Kemendikbudristek dengan cepat, sehingga memudahkan pengelola layanan dalam melakukan mitigasi dan menutup celah keamanan demi menyempurnakan layanan elektonik yang digunakan dalam dunia pendidikan dan kebudayaan.

Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi, Dr. M. Hasan Chabibie, menyampaikan bahwa kegiatan ini dapat membentuk komunitas bug hunter dari insan pendidikan yang ada di sekolah maupun perguruan tinggi yang peduli terhadap keamanan informasi pada layanan pendidikan dan kebudayaan yang ada di lingkungan Kemendikbudristek.

Baca juga: SimonKori Startup Binaan Amikom Business Park Goes to Indonesia Festival Frankfurt 2022

Untuk menyemarakkan pelaksanaan Bug Bounty 2022, Pusdatin Kemendikbudristek juga mengadakan Webinar Bug Bounty Kemendikbudristek 2022  yang diikuti oleh 176 peserta dari 275 peserta yang terdaftar yang berasal dari berbagai kalangan masyarakat pada akhir Juni 2022 lalu.

Setelah melalui proses penjurian yang panjang dari Pusdatin Kemendikbudristek, para juri telah menyerahkan nama-nama pemenang.

Kelima pemenang tersebut di antaranya Maulana Alamsyah dari Politeknik Harapan Bersama yang menjadi juara pertama, Abdi Prawira Negara dari Universitas Indraprasta yang menjadi juara kedua.

Kemudian Mukhammad Khabiburrohman dari STMIK El-Rahma menjadi juara ketiga, Ahmad Ray Septa Firdaus dari Universitas Singaperbangsa Karawang menjadi juara keempat serta Paska Parahita dari Universitas Amikom Yogyakarta yang menjadi juara kelima.

Prestasi yang diraih oleh Paska Parahita dalam Bug Bounty Kemendikbudristek 2022 ini menambah pencapaiannya dalam berbagai peluang dan kompetisi yang diikutinya.

Sebelumnya Paska juga  menjadi Finalis IT Today (Hacktoday 2020) dan Top Ten 10 Titan in Telkomsel  Tech Titans League Series 3 - Cyber Security.

Pencapaian-pencapaian ini jugalah yang membuatnya terpilih untuk mendapatkan Beasiswa Mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta Berprestasi Tahun 2021.

Kaprodi S1 Teknik Komputer, Dony Arityus, M.Kom mengungkapkan pihaknya selalu memberikan ruang dan support mahasiswa untuk mengikut kompetisi baik itu nasional maupun international.

Para mahasiswa juga sudah dibekali ilmu sesuai konsentrasi khusus di bidang cyber security dan IoT ( internet of thinks) sejak semester 2.

"Semoga kedepannya bisa lebih baik lagi dan banyak mahasiswa yang bisa mengikuti ajang bergensi baik itu nasional maupun internantional. Kita dari prodi dan universitas tetap akan mendukung sepenuhnya kegiatan – kegiatan positif yang dilakukan oleh mahasiswa. Karena Amikom adalah tempat melahirkan orang-orang kreatif dan innovative", pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved