Peparda DIY 2022 Tandingkan 10 Cabang Olahraga, Boccia Jadi Cabor Baru

Pekan Paralympic Daerah (Peparda) DIY 2022 yang berlangsung pada 1-9 September mendatang bakal mempertandingkan 10 cabang olahraga (cabor).

TRIBUNJOGJA.COM/ Hanif Suryo
Ketua Umum NPC DIY, Haryanto memberikan penjelasan kepada awak media terkait penyelenggaraan Pekan Paralympic Daerah (Peparda) DIY 2022 yang berlangsung pada 1-9 September di Sleman. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pekan Paralympic Daerah (Peparda) DIY 2022 yang berlangsung pada 1-9 September mendatang bakal mempertandingkan 10 cabang olahraga (cabor).

Dari 10 cabor tersebut, boccia yang mulai dikenal di Indonesia pada 2018 silam, menjadi cabor baru yang akan diperlombakan di Peparda 2022.

Sekadar informasi, boccia ini merupakan olahraga yang dikhususkan untuk penyandang disabilitas cerebral palsy atau gangguan koordinasi tubuh.

Olahraga ini termasuk dalam kategori permainan bola presisi, yang mirip dengan bowling dan petanque.

Baca juga: Warga Dipowinatan Yogyakarta Gelar Merti Golong Giling untuk Peringati HUT RI

Ketua Umum NPC DIY, Haryanto memaparkan, sedianya NPC DIY berencana menambah jumlah cabor pada Peparda DIY 2022.

Akan tetapi, jumlah cabor tidak bertambah dibandingkan Peparda 2019 lalu, sebab tenis kursi roda batal dipertandingkan tahun ini.

"Walaupun secara jumlah cabor kami upayakan ada penambahan, tidak bertambah. Sebab ada satu cabor yang tidak bisa dipertandingkan karena secara persyaratan pedoman Peparda tidak bisa dipertandingkan yakni tenis kursi roda. Semoga cabor tenis kursi roda maupun cabor lainnya bisa dipertandingkan pada Peparda IV 2024 di Gunungkidul," ujar Haryanto.

"Kami akan berupaya memfasilitasi cabor tenis kursi roda yang tidak bisa dipertandingkan (di Peparda 2022), ada kejuaraan yang mengakomodir dan mendeteksi kemampuan para atlet yang notabene menjadi salah satu penyumbang medali terbanyak bagi DIY," tambahnya.

Selain boccia, cabor yang akan dipertandingkan di Peparda III 2022 di Sleman yakni angkat berat, atletik, bola voli duduk, bulutangkis, catur, goalball, panahan, renang, serta tenis meja.

"Kami dari NPC DIY siap melaksanakan Peparda III tahun 2022, tentunya ini tak lepas dari dukungan dari teman-teman peserta yakni NPC kabupaten/ kota seluruh DIY. Kami dari NPC DIY juga berterimakasih kepada teman-teman NPC kabupaten/ kota yang sudah mempersiapkan kontingen dan bersyukur dari rekap yang sudah diterima baik dari entry by number atau entry by name secara umum ada peningkatan jumlah peserta dari sebelumnya. Sebelumnya hanya 330 atlet, sekarang total ada 355 atlet," ujar Haryanto.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved