Bupati Bantul Abdul Halim Muslih

Bupati Abdul Halim Pimpin Rangkaian Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI

Upacara peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI yang digelar di Lapangan Trirenggo, Bantul, Rabu (17/8/2022), berlangsung penuh haru dan khidmat.

Editor: Agus Wahyu
TRIBUNJOGJA.COM/ISTIMEWA
Bupati Bantul Abdul Halim Muslih menyerahkan bendera pusaka merah putih kepada anggota Paskibraka Kabupaten Bantul saat upacara HUT Ke-77 Kemerdekaan RI di Lapangan Trirenggo, Rabu (17/8/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Upacara peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI yang digelar di Lapangan Trirenggo, Bantul, Rabu (17/8/2022), berlangsung penuh haru dan khidmat.

Upacara peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ini dihadiri jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul serta sejumlah elemen masyarakat di Bantul.. Antusiasme peserta upacara tampak lebih semangat, mengingat selama dua tahun terakhir, upacara peringatan HUT RI dilakukan secara terbatas akibat pandemi.

Baca juga: Bupati Halim Kepada Paskibraka Bantul: Laksanakan Tugas Mulia Ini Sebaik-baiknya

Baca juga: Penuh Haru dan Khidmat Tatkala Bupati Halim Kukuhkan Paskibraka Kabupaten Bantul

Pada momen sakral pengibaran replika bendera merah putih, Melisa Amalia, seorang anggota Paskibraka terpilih sebagai pembawa baki. Sedangkan untuk pengibar bendera, tanggung jawab ini diserahkan kepada Joska Andwiling, Alif Maulana Musta, dan Axelle Abigandhi.

Diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya, hormat kepada bendera yang dilimpahkan dari Istana Negara kepada Kabupaten Bantul sejak 2003, berjalan lancar dan khidmat.

bendera halim
Pengibaran bendera pusaka merah putih di Lapangan Trirenggo Bantul, Rabu (17/8/2022).

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengatakan, masyarakat harus mengisi kemerdekaan secara sungguh-sungguh, menjaga kerukunan, menjaga persatuan, dan kesatuan, agar para pahlawan terdahulu yang telah gugur bangga melihat generasi bangsa sekarang ini.

"Para pahlawan akan sedih kalau cucu dan cicit tidak rukun, tidak akur. Gara gara beda agama, beda keyakinan, konflik. Gara-gara beda suku, konflik. Mereka pasti sedih kalau melihat kita yang mereka perjuangkan ini tidak rukun dan tidak guyub," kata Abdul Halim.

Upacara pengibaran bendera ini merupakan satu di antara rangkaian peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia yang digelar Pemkab Bantul. Seusai upacara di Lapangan Trirenggo, Bupati Bantul beserta jajaran melanjutkan agenda upacara detik-detik proklamasi secara daring.

Tak berhenti sampai di sana, kegiatan dilanjutkan ziarah serta tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa.Rangkaian peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI ini diakhiri upacara penurunan bendera, aubade, dan doa syukur. (ayu)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved