Berita Klaten Hari Ini

Tahapan Seleksi Perangkat Desa Kurung Klaten Dipastikan Tetap Berlanjut

Kebijakan itu diambil Pemkab Klaten setelah melakukan kajian secara mendalam dari sisi hukum dan akhirnya memutuskan tahapan seleksi tetap lanjut

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Muhammad Fatoni
TRIBUNJOGJA.COM/ ALMURFI SYOFYAN
Pj Sekda Klaten, Jajang Prihono, saat ditemui di kantor DPRD Klaten, Kamis (11/8/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten, Jawa Tengah memastikan tahapan seleksi perangkat desa tahun 2022 bagi Desa Kurung, Kecamatan Ceper dipastikan berlanjut.

Kebijakan itu diambil Pemkab Klaten setelah melakukan kajian secara mendalam dari sisi hukum dan akhirnya memutuskan tahapan seleksi tetap lanjut.

"Kalau yang Desa Kurung ini prosesnya sudah jalan kemarin, namun saat sedang proses ternyata kepala desa meninggal dunia," ujar Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Klaten, Jajang Prihono, saat ditemui TribunJogja.com di kantor DPRD Klaten, Kamis (11/8/2022).

Menurutnya, beberapa tahapan seperti pembentukan tim penjaringan pencalonan perangkat desa (TP3D) hingga pendaftaran dari para pelamar juga telah dilakukan.

Sebagaimana diketahui, di Desa Kurung ada 41 pelamar yang memasukan berkas untuk dua lowongan perangkat desa yang kosong.

Kedua lowongan itu, yakni Kaur Umum dan Perencanaan sebanyak 17 pendaftar dan Kasi Pemerintahan sebanyak 24 pendaftar.

"Karena prosesnya sudah berjalan seperti pembentukan TP3D, pendaftaran dari pelamar calon perangkat, jadi ini pengisiannya tetap jalan," tegasnya.

Ia mengatakan, pertimbangan tetap melanjutkan tahapan seleksi karena berkaitan untuk pelayanan maksimal dari pemerintah desa ke warganya.

"Pelaksanaan sudah kita koordinasi dan untuk asesmen perangkat desa nanti, ujian diambil alih oleh perguruan tinggi biar transparan," jelasnya.

Terpisah, Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Klaten, Jaka Purwanto, menyebut pihaknya telah melakukan kajian sebelum memutuskan seleksi perangkat desa di Desa Kurung, Kecamatan Ceper tetap berjalan.

"Untuk Kurung sudah kita analisis dari sisi hukum dan itu tetap lanjut karena ini sudah on proses. Kalau ujiannya nanti dari perguruan tinggi dan akan kita sesuaikan," ulasnya.

Ia menambahkan, untuk desa yang kepala desanya sedang mengalami sakit tahapan seleksi perangkat desa juga tetap dilanjutkan.

"Selain Kurung ada kades yang sakit tapi itu juga tetap jalan terus tahapan seleksinya," imbuhnya. (*)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved